KORELASI FASILITAS DAN KEPUASAN WISATAWAN DI PANTAI BOLIHUTUO

Oktavia Seysi Amelia Esa, Tineke Wolok, Zulfia K Abdussamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Bolihutuo Kabupaten Boalemo.Penelitian ini dilakukan pada Wisatawan yang Berkunjung Di Pantai Bolihutuo Kabupaten Boalemo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 responden menggunakan teknik non probability sampling dengan cara mnyebar kuisioner kepada responden yang telah memenuhi kroteria sampel yang telah ditentukan sehingga data  dalam  penelitian ini merupakan daya primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil obsrevasi dan kuisioner. Kemudian analisis data menggunakan regresi sederhana (karena hanya terdapat 1 variabel X dan 1 Variabel Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Fasilitas dengan kepuasan Wisatawan dengan t hitung sebesar 6.369> dari t tabel sebesar 1,660. Kemudian nilai R square adalah sebesar 0,295 atau sebesar 29,5% variabilitas Kepuasan Wisatawan dapat dijelaskan oleh varibael Fasilitas sedangkan sisanya sebesar 70,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Fasilitas; Kepuasan Wisatawan

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Lupiyoadi, Rambat, dan Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Pendit, Nyoman S. 2004. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana Jakarta

Sulastiyono, Agus 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Seri Manajemen Usa Jasa sara Parawisata dan Akomodasi. Bandung Alfabeta.

Wolok, T., Fachrussyah, Z. C., & Yantu, I. (2019). Technical And Economic Analysis Of Catching Equipment Totaluo In Nike Fishing (Awaous Melanocephalus) In Gorontalo City. Jambura Science of Management, 1(2), 65-71.

Wolok, Tineke, dkk. 2019. Implementasi PPDM Bagi Masyarakat Pesisir Danau Limboto Melalui Penguatan Sumber Daya Manusia dan Iptek Manajemen Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Produk Unggulan.

Wolok, Tineke, dkk. 2019. Implementasi Iptek Untuk Standarisasi, Pemasaran dan Distribusi Produk Kerajinan Sulaman Kain Karao Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gorontalo.

Wolok, Tineke, 2019. Grand Marketing Pemasaran dan Pembelian.

Wolok, Tineke, 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Bank Sinar Mas Cabang Gorontalo. Laporan Penelitian : Universitas Negeri Gorontalo.

Tjiptono Fandy, 2002, Manajemen Jasa. Yogyakarta: Majalah Info Bisnis, Edisi maret-Tahun keVI-2002

Tjiptono Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.¬

Yoeti, Oka A. 2003. Tours And Travel Marketing.Jakarta : Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo