PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI GERAI INDOMARET KOTA GORONTALO

Mark Brian, Rizan Machmud, Andi Juanna

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui apakah keberagaman produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen; 2) Untuk mengetahui apakah atmosfer toko memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen; 3) Untuk mengetahui apakah promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen; 4) Untuk mengetahui apakah lokasi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat atau konsumen yang pernah ada sementara berbelanja di gerai Indomaret yang ada di kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak sembilan puluh enam orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retailing mix memiliki pengaruh yang cukup besar (82,3%) terhadap keputusan pembelian konsumen di gerai Indomaret di kota Gorontalo, yang cenderung dipengaruhi oleh variabel dalam retailing mix yakni keberagaman produk, atmosfer toko, promosi dari karyawan serta lokasi. Hasil uji t menyatakan bahwa keempat variabel dalam retailing mix memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di gerai Indomaret kota Gorontalo. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama seluruh variabel di atas memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari angka adjusted R square sebesar 0,823 dapat disimpulkan bahwa 82,3% variasi keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh keempat variabel bebas dalam persamaan regresi. Sisanya sebesar 17,7% memungkinkan untuk dipengaruhi variabel-variabel di luar variabel bebas tersebut.

Keywords


Retailing Mix; Keputusan Pembelian Konsumen

Full Text:

PDF

References


Adji Pricilia dan Subagio Hartono. 2013. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Uk Petra Di Circle K Siwalankerto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 2

Autami, Ni Luh Made Manasaputri Sri dan Suasana, I Gusti Agung Ketut Gede. 2015. Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gerai Chatime. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No.11

Berman, dan Evan, 2007. Manajemen Ritel. Penerbit Erlangga, Jakarta

Fadly. 2014. Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Minimarket Eramart Di Kota Samarinda). eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 2, Nomor 2

Karwur, Ericha. 2016. Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Paniki. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Volume 16 No. 03

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid I. PT. Indeks. Jakarta

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utami

Prastuti, Hapsari 2017. Pengaruh Retail Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Toserba Laris Kartasura). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Risch, Ernest H. 1991. Retail merchandising. USA: MacMillan Publishing Company

Saladin Djaslim, 2011, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, cetakan keempat, Linda Karya, Bandung

Schiffman, G. Leon dan Kanuk, Lazar L. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Indeks. Jakarta

Setiadi, J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Sulistiyawan, Fauzan. 2008. Pengaruh Retailing Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart Gajayana Malang. Skripsi. Unoversitas Maulana Malik Ibrahim

Wardhana, Aditya dan Iba, Zainuddin. 2014. Pengaruh Penjualan Personal Terhadap Pengetahuan Produk Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil SUV Premium Di Jawa Barat. Jurnal Kebangsaan, Vol.3 No.5




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v3i2.7830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo