PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Ruslin Karim, Tineke Wolok, Djoko Lesmana Radji

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi Sederhana. Analisis dilakukan dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Kepercayan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian nilai R squareadalah sebesar 0,508 Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 50,8% variabel Keputusan Pembelian dapat dipengaruhiOleh Kepercayaan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo sedangkan sisanya sebesar 49,2%.dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kepercayaan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alif, G. 2013. Komunikasi Interpersonal Dan Fasilits Kesehatan: Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan, Loyalitas Dan Wom Rumah Sakit. (Online). Vol 1, No 3; Oktober 2013.

Asnawi, Haris. F,.(2004). Transaksi Bisnis E-commerce perspektif Islam. Yogyakarta: Raja GravindoPersada.

Indriyanti. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Buku Di Togamas Jl. Dr. Moewardi 21 Solo. Skripsi. Solo: Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Kotler, P dan Gary Armstrong.(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Koufaris, M., dan Sosa, W.Hampton., (2004). The Development Of Initial Trust In An Online Company By New Customers, Information & Management 41 (2004) 377–397.

Mahkota, A.P., Suyadi, I., Riyadi. (2014). Pengaruh kepercayaan dan kenyamanan terhadap keputusan pembelian online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8 No. 2.

Moorman, C., Deshpandé, R., and Zaltman, G., (1993). Factors Affecting Trust in Market Research Relationships. Journal of Marketing, Vol. 57, No. 1, pp.81-101.

Muninggar Thomas Jitas. (2017).Muninggar Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Cuci Mobil Hidrolik Jitas Thoro Purbalingga). Skripsi. Universitas Yogyakarta.

Noor, Juliansyah. (2010). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Kencana.

Nugroho, Adi. (2006). E-commerce: memahami perdagangan modern di dunia maya. Bandung: Informatika.

Schiffman and Lazar Kanuk (2000).Costumer behavior.Internasional Edition: Prentice Hall.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Bisnis (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Sirdeshmukh, D., Singh, J., dan sabol, B. (2002).Consumer trust, value, and loyalty in relational exchanger.Journal Of Marketing, vol. 66, No.1, pp,15-37

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v3i2.7832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo