Penerapan Diagram Fishbone dan Metode Kaizen untuk Menganalisa Gangguan pada Pelanggan PT. PLN (persero) UP3 Gorontalo

I Putu Widnyana, I Wayan Ardiana, Eduart Wolok, Trifandi Lasalewo

Abstract


Keperluan masyarakat sangat bervariasi, hal tersebut tidak dapat berjalan apabila tidak ada tenaga listrik. Mengacu pada keperluan masyarakan terhadap tenaga listrik yang setiap masa meningkat dibentuklah sebuah BUMN yang bergerak dalam bidang penanganan jasa kelistrikan yaitu PT. PLN (Persero). Pelanggan PT. PLN (Persero) UP3 Gorontalo sebanyak 315.836 yang telah dialiri listrik. Pada bulan Januari 2020, terdapat 429 gangguan yang merupakan gangguan terbanyak di tahun 2020 yaitu dengan persentase 37,40. Pemanfaatan sistem AMR telah dipakai secara luas termasuk oleh PT. PLN (Persero) UP3 Gorontalo. Pemanfaatan AMR tersebut sangat berkaitan dengan masalah dalam pengoperasian sistem yang dimiliki perusahaan. Berdasarkan hasil rekapitulasi data gangguan bulan Januari sampai Juni 2020, didapatkan 12 gangguan pada KWH meter dengan total keseluruhan gangguan 14 jenis gangguan. Dari hasil analisa didapat beberapa penyebab terjadinya gangguan,yaitu KWH meter terjatuh, korsleting listrik, kabel longgar, pemakaian KWH melebihi batas, operator keliru dalam memasang alat, kelelahan dalam bekerja, operator melakukan lembur, penyambungan kabel tidak sesuai SOP. Faktor yang menjadi akar masalah terjadinya gangguan KWH meter yaitu pemasangan atau proses kerja tidak sesuai SOP dan porsi kerja karyawan. Maka solusi yang di ambil adalah melakukan pengawasan, melakukan penyuluhan tentang SOP kerja, melakukan analisis beban kerja dan pemeliharaan terhadap KWH Meter, agar meminimasi terjadinya gangguan listrik lainnya.


Full Text:

PDF

References


D. Maryono and S. D. P, “Analisis Kinerja Penanganan Keluhan Pelanggan Pada PT . PLN ( Persero ) Distribusi Jawa Barat Dan Banten,” vol. XIII, no. 1, 2016.

Y. Adekayanti, I. Adiasa, and I. Mashabai, “Analisis Gangguan Pada Kwh Meter Pelanggan Di Pt . Pln ( Persero ) Up3 Sumbawa Menggunakan Fishbone Dan Pdca ( Plan , Do , Check , Action ),” JurnalIndustri &T eknologi Samawa, vol. 2, no. 1, p. 22, 2021.

R. A. Duyo, P. Studi, F. Teknik, and U. Muhammadiyah, “Analisis Penyebab Gangguan Jaringan Pada Distribusi Listrik Menggunakan Metode Fault Tree Analysis Di Pt . Pln ( Persero ) Rayon Daya Makassar Pendahuluan,” Vertex Elektro, vol. 12, no. 02, 2020, [Online]. Available: https://www.google.com/search?q=

Duyo%2C+Rizal+A.+(2020).

M. Informatika, A. Teknokrat, and J. Z. A. Pagaralam, “Pendekatan Analisis Fishbone Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Informasi E-Koperasi,” Informatika, Vol. 10, No. 1, Pp. 1–3, 2016.

L. Fajarita Et Al., “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penanganan Keluhan,” Teknol. Inf. Dan Komun., Vol. 2015, No. Sentika, Pp. 231–236, 2015.

C. Kurniawan And H. H. Azwir, “Penerapan Metode Pdca Untuk Menurunkan Tingkat Kerusakan Mesin Pada Proses Produksi Penyalutan,” Jie Sci. J. Res. Appl. Ind. Syst., Vol. 3, No. 2, P. 105, 2019, Doi: 10.33021/Jie.V3i2.526.

Suartina, “Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Perilaku Produktif Karyawan Pada Pt. Tumorrow’s Antiques Indonesia,” Ekonomi, Vol. 1, No. 2, Pp. 1–20.

G. N. F. Kusmayadi, “Analisis Pelayanan Jasa Dengan Model Service Quality Dan Ishikawa Diagram Pada Pt Qiblat Tour Bandung,” Pros. Manaj., Vol. 5, No. 1, Pp. 354–359, 2019.

H. Murnawan, “Perencanaan Produktivitas Dri Hasil Evalusasi Produktivitas Dengan Metode Fishbone Di Perusahaan Pencetakan Kemasan Pt.X,” J. Tek. Ind., Vol. 11, No. 1, Pp. 27–46, 2014.

F. A. Ekoanindiyo, “Pengendalian Kualitas Menggunakan Pendekatan Kaizen,” Din. Tek., Vol. Vii, No. 1989, Pp. 1–10, 2016.

A. Fatkhurrohman And Subawa, “Penerapan Kaizen Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Kualitas Produk Pada Bagian Banbury Pt.Bridgestone Tire Indonesia,” J. Adm. Kant., Vol. 4, No. 1, Pp. 14–31, 2016.

M. Prasojo And M. Rahayu, “Implementasi Metode Pdca Dan Seven Tools Untuk Pengendalian Kualitas Pada Produk Sheet Di Pt . Kati Kartika Murni,” Jimtek, Vol. 1, No. November, Pp. 195–210, 2020.




DOI: https://doi.org/10.37905/jirev.v0i0.13494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jambura Industrial Review (JIREV)



Total pengunjung = Web Analytics View My Stats

 Creative Commons License

Jambura Industrial Review (ISSN Online: 2798-026X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.