MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PRODUKTIF SMK KOTA GORONTALO DALAM MENYUSUN PERENCANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN DALAM BENTUK ON THE JOB TRAINING
Abstract
SAPIA HUSAIN
Dinas Pendidikan Kota Gorontalo
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan guru Produktif SMK Kota Gorontalo dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan pola on the job training. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru Produktif SMK Kota Gorontalo yang berjumlah 4 orang. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah guru sudah dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah guru yang memperlihatkan peningkatan kemampuan menyusun perencanaan pembelajaran yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada siklus I: (a) aspek tujuan pembelajaran sebesar 88%, (b) bahan ajar sebesar 88%, (c) strategi/metode bahan ajar sebesar 88%, (d) media pembelajaran sebesar 75%, dan (e) evaluasi sebesar 88%.. Siklus II terjadi peningkatan menjadi 100% untuk semua aspek. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni "jika digunakan pelatihan dalam bentuk on the job training maka kemampuan guru produktif dalam menyusun perencanaan pembelajaran dapat ditingkatkan" diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Menyusun Perencanaan Pembelajaran, on the job training.
Dinas Pendidikan Kota Gorontalo
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan guru Produktif SMK Kota Gorontalo dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan pola on the job training. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru Produktif SMK Kota Gorontalo yang berjumlah 4 orang. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah guru sudah dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah guru yang memperlihatkan peningkatan kemampuan menyusun perencanaan pembelajaran yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada siklus I: (a) aspek tujuan pembelajaran sebesar 88%, (b) bahan ajar sebesar 88%, (c) strategi/metode bahan ajar sebesar 88%, (d) media pembelajaran sebesar 75%, dan (e) evaluasi sebesar 88%.. Siklus II terjadi peningkatan menjadi 100% untuk semua aspek. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni "jika digunakan pelatihan dalam bentuk on the job training maka kemampuan guru produktif dalam menyusun perencanaan pembelajaran dapat ditingkatkan" diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Menyusun Perencanaan Pembelajaran, on the job training.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.