PENGUASAAN TEKNIK MEMBACA MAHASISWA DALAM KETERAMPILAN READING TEST TOEFL (TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE) SEMESTER II JURUSAN AWALSYASIAH IAIN SULTAN AMAI GORONTALO

Marina Pakaja

Abstract


MARINA PAKAJA
Prodi PBI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak: Penelitian ini menganalisis kemampuan mahasiswa semester II (dua) Jurusan Awalsyasiah pada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo Tahun Akademik 2013-2014 pada Program Pelatihan TOEFL yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dalam mengerjakan Tes Reading pada TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Penelitian dilakukan selama 6 bulan karena ketiga Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam serta Fakultas Ushuluddin dan Dakwah sebelumnya mereka pada semester I (satu) sudah ada Program Matrikulasi Bahasa arab dan Bahasa Inggris selama 1 tahun. Jumlah mahasiswa semester II (dua) Jurusan Awalsyasiah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam berjumlah 25 orang dalam satu kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling (sistem acak). Tes bacaan TOEFL terdiri atas 40 nomor, karena jumlah soal tersebut sesuai dengan standar soal pada TOEFL. Sementara jumlah pertanyaan pada tes interview maksimal 10 nomor. Mahasiswa mendapatkan 10 skill dengan menggunakan TOEFL preparation book, dengan urutan pre-test dan post-test. Mahasiswa yang score pre-tes berbeda dengan post-test akan diberikan keterampilan (skill), karena yang dihadapi mahasiswa dalam mengerjakan tes reading pada TOEFL sangatlah minim.

Kata Kunci: Mahasiswa, Tes Reading, TOEFL, Pre-test, Post-test

Refbacks

  • There are currently no refbacks.