IbM EKSTRAKURIKULER IPS GEOGRAFI (Pembuatan Peta Timbul di SMP Negeri 1 Maiwa Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang)

Hasriyanti Hasriyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Memberdayakan para guru dalam menciptakan ide kreatif bagi para siswa, melalui pemberdayaan media kreasi, (2) Pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, (3) Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, (4) Pengembangan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif , (5) Pengembangan dan pengelolaan sarana pendukung sekolah berbudaya lingkungan seperti: hemat energi/penggunaan energi alternatif, penghematan air, pengelolaan sampah, penggunaan pupuk organic, dan (6) Mempraktekkan semua aktifitas yang dapat diterapkan di sekolah, misalnya mengelola sampah. Bentuk kegiatan untuk memecahkan masalah adalah dengan melakukan kegiatan bimbingan, baik yang berbentuk teori maupun yang praktek melalui media pembelajaran untuk materi Peta. Pelatihan mengenai pembuatan peta yang timbul ini dapat meningkatkan profesionalisme guru pada bidang pekerjaan di Sekolah Menengah maupun Swasta. Siswa akan bahwasanya peta adalah salah satu media yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan seefektif mungkin dalam menyampaikan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan penomena-fenomena geografi yang ada di permukaan bumi. Kegiatan pembuatan peta yang timbul yang dilakukan dapat menambah wawasan dan komunikasi yang efektif terhadap bidang lain, khususnya di sesama siswa di SMP Negeri 1 Maiwa. Siswa akan bahwasanya peta adalah salah satu media yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan seefektif mungkin dalam menyampaikan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan penomena-fenomena geografi yang ada di permukaan bumi. Kegiatan pembuatan peta yang timbul yang dilakukan dapat menambah wawasan dan komunikasi yang efektif terhadap bidang lain, khususnya di sesama siswa di SMP Negeri 1 Maiwa. Siswa akan bahwasanya peta adalah salah satu media yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan seefektif mungkin dalam menyampaikan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan penomena-fenomena geografi yang ada di permukaan bumi. Kegiatan pembuatan peta yang timbul yang dilakukan dapat menambah wawasan dan komunikasi yang efektif terhadap bidang lain, khususnya di sesama siswa di SMP Negeri 1 Maiwa.

Keywords


Extrakurikuler; Peta Timbul; IPS Geografi

Full Text:

PDF

References


J. Handhika, “Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 1, no. 2, 2012.

U. S. Supardi, “Arah pendidikan di Indonesia dalam tataran kebijakan dan implementasi,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 2, no. 2, 2015.

R. Rahmanelli, “Meningkatkan Kecerdasan Spasial Mahasiswa Melalui Teknik Media Peta Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional,” J. Pejuang Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 313–316, 2017.

D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.

V. Heni, H. J. Duda, and M. I. Supiandi, “Penerapan metode student facilitator and explaining berbantuan media peta timbul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel,” JPBIO (Jurnal Pendidik. Biol., vol. 2, no. 2, pp. 20–26, 2017.

A. Rohmawati, “Efektivitas pembelajaran, jurnal pendidikan usia dini,” Jakarta timur, 2015.

Y. Yuswanti, “Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala,” J. Kreat. Online, vol. 3, no. 4, 2011.

E. R. Wati, “Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena. Terintegrasi Tekhnologi Informasi,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2017.

M. Maeliah, “Peran Guru dalam Menyiapkan Kompetensi Kerja Siswa Sesuai Tuntutan Dunia Kerja di Industri Busana,” Pros. APTEKINDO, vol. 6, no. 1, 2012.

M. Abi Hamid et al., “The Analysis of Learning Implementation Plan (LIP) in Vocational Subjects Based on 2013 Curriculum,” in International Conference on Issues in Social and Education Research (ICISER 2017), 2018, pp. 27–32.




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v1i1.15316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR