Edukasi Tentang Vaksinasi Covid-19 Pada Kalangan Mahasiswa dalam Program Apoteker Selalu Terpecaya Untuk Kesehatan Anda di Jurusan Farmasi, FOK, UNG

Mohamad Aprianto Paneo, Multiani S Latif, Teti Sutriyati Tuloli, Andi Makkulawu, Djayadi Azis

Abstract


Vaksin Covid-19 mulai beredar setelah virus SARS CoV-2 melanda dunia, Pemberian Vaksin Covid- 19 ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia dari serangan virus SARS CoV-2. Pro dan Kontra beredar dimasyarakat membuat kegelisahan untuk melaksanakan Vaksin Covid-19. Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) melalui Program Apoteker Selalu Terpecaya Untuk Kesehatan Anda, yang dirangkaikan dengan World Pharmacist Day Tahun 2021 diwakili Oleh Apoteker Kota Gorontalo berkunjung di Jurusan Farmasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo untuk melaksanakan program edukasi vaksin tersebut. Metode edukasi dilaksanakan dengan model pembelajaran langsung, mahasiswa diberikan kuesioner dengan dua tahap, yaitu Pre-Kuesioner dan Post Kuesioner. Materi diberikan setelah Pre-Kuesioner dengan tujuan untuk melihat perbedaan pemahaman setelah diberikan edukasi. Tingkat pemahaman mahasiswa meningkat secara signifikan setelah diberikan edukasi, yaitu dari total presnetasi 30% menjadi 90%. Berdasarkan nilai tersebut, pemberian Edukasi kepada mahasiswa tentang vaksin Covid-19 sangat perlu, untuk mengantisipasi penyerapan informasi vaksin Covid-19 yang berkembang di dunia maya melalui jejaring internet, khususnya melalui media sosial.


Keywords


Covid-19 Vaccine, Education, Ikatan Apoteker Indonesia, Questionnaire

Full Text:

PDF

References


Atmojo TJ, Akbar PS, Kuntari S, Yulianti I, Darmayanti AT. “Definisi dan Jalu Penularan Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau COVID-19”. JPK. 2020;9(1):57–64

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. ”Cegah COVID-19 dengan 3M, 3T, dan Vaksinasi” 2020, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia https://setkab.go.id/gallery/cegah-Covid-19-dengan-3m- 3t-dan-vaksinasi/ (diakses pada 03 Agustus 2022).

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, ”Vaksinasi Segera Dimulai, Presiden: 329,5 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Telah Dipesan”, 2021, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, https://setkab.go.id/ vaksinasi-segera-dimulai-presiden-3295-juta-dosis-vaksin-Covid-19-telah-dipesan/ . (diakses pada 03 Agustus 2022)

Gandryani F, Hadi, F. 2021. “Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia : Hak atau Kewajiban Warga Negara”. Jurnal Rechts Vinding Media Pembinaan Hukum Nasional, Vol 10, No. 1.

Ikatan Apoteker Indonesia (August, 03, 2022). Desain Materi World Pharmacist Day 2021. Citing Internet sources URL https://iai.id/page/materi-world-pharmacist-day-2021

Raharja, FI, 2019. “Bijak Menggunakan Media Sosial di Kalangan Pelajar Menuru Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jurnal Selat. Vol 6, No.2.

Afandi M, Chamalah E, Oktarina PW. 2013. “Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah” UNISSULA PRESS, Oktober 2013.




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v1i2.18594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR