PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PERSPEKTIF KONTRUKTIVIS
Abstract
Penelitian-penelitian yang membandingkan pendekatan kontruktivisme dan pendekatan
tradisional dalam pengajaran matematika seringkali sulit diinterpretasikan. Hal ini disebabkan karena
metode-metode kontruktivis biasanya dimaksudkan untuk menghasilkan hasil belajar yang secara
kualitatif berbeda dengan apa yang dihasilkan oleh metode-metode tradisional. Selain itu kebanyakan
penelitian tentang metode-metode kontruktivis bersifat deskriptif dari pada komparartif. Salah satu
pendekatan pembelajaran yang berbasis kontruktivisme yang dapat dikembangkan dalam proses belajar
mengajar matematika adalah pendekatan pemecahaman masalah. Tujuan penulisan ini adalah
membahas suatu model pendekatan pembelajaran matematika yang berbasis kontruktivisme yang
tersimpul dalam beberapa masalah yaitu; bagaiamana pandangan kontruktovisem dalam pembelajaran,
Bagaimana model pendekatan pemecahamn masalah, sera bagaimana penerapan pendekatan
pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa
dalam matematika maka pendekatan pemecahan masalah yang didasarkan pada pandangan
kontruktivisme merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran
matematika. Untuk menerapkan pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika guru
harus lebih berhati-hati dan lihai dalam memilih masalah yang diberikan sebagai panduan
pembelajaran. Pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika akan menumbuhkan
kemampuan kreatif siswa dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi baik dalam pembelajaran
matematika maupun dalam kehidupannya sehari-hari.
tradisional dalam pengajaran matematika seringkali sulit diinterpretasikan. Hal ini disebabkan karena
metode-metode kontruktivis biasanya dimaksudkan untuk menghasilkan hasil belajar yang secara
kualitatif berbeda dengan apa yang dihasilkan oleh metode-metode tradisional. Selain itu kebanyakan
penelitian tentang metode-metode kontruktivis bersifat deskriptif dari pada komparartif. Salah satu
pendekatan pembelajaran yang berbasis kontruktivisme yang dapat dikembangkan dalam proses belajar
mengajar matematika adalah pendekatan pemecahaman masalah. Tujuan penulisan ini adalah
membahas suatu model pendekatan pembelajaran matematika yang berbasis kontruktivisme yang
tersimpul dalam beberapa masalah yaitu; bagaiamana pandangan kontruktovisem dalam pembelajaran,
Bagaimana model pendekatan pemecahamn masalah, sera bagaimana penerapan pendekatan
pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa
dalam matematika maka pendekatan pemecahan masalah yang didasarkan pada pandangan
kontruktivisme merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran
matematika. Untuk menerapkan pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika guru
harus lebih berhati-hati dan lihai dalam memilih masalah yang diberikan sebagai panduan
pembelajaran. Pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika akan menumbuhkan
kemampuan kreatif siswa dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi baik dalam pembelajaran
matematika maupun dalam kehidupannya sehari-hari.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.