Persepsi, Manfaat, dan Hambatan Team-Based Learning Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo
Abstract
Pendahuluan: Fakultas kedokteran menggunakan Team Based Learning (TBL) untuk mengembangkan keterampilan pemikiran analitis dan kritis serta meningkatkan kerjasama tim dan interaksi. TBL lebih efektif dan memiliki kelebihan dari metode pembelajaran konvensional, namun dapat dihadapi hambatan seperti kurangnya kepedulian dan partisipasi dari beberapa teman dalam kelompok diskusi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi, manfaat, dan hambatan TBL pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif. Sampel berjumlah 10 partisipan yang dipilih menggunakan kriteria yang telah ditentukan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan bantuan voice recorder (Handphone) dan catatan lapangan (field note). Analisa data menggunakan analisis tema (thematic analysis).
Hasil: Penelitian ini menemukan tiga tema utama yaitu persepsi, manfaat dan hambatan mahasiswa terhadap TBL. Narasumber memiliki persepsi positif terhadap TBL, meskipun beberapa dari mereka lebih suka menggunakan metode belajar yang sesuai dengan preferensi mereka. TBL bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman dan softskill mahasiswa, meskipun terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya motivasi dan percaya diri, keterbatasan waktu dan fasilitas, teman yang pasif dan jadwal yang tumpang tindih. Meskipun begitu, TBL memberikan efek positif pada proses belajar mahasiswa..
Simpulan: Pandangan majasiswa pada TBL memiliki persepsi positif karna TBL dapat meningkatkan pemahaman dan softskill mahasiswa namun harus memperhatikan beberapa hambatan, seperti motivasi, percaya diri, waktu, fasilitas, teman pasif, dan jadwal yang tumpang tindih. TBL dapat efektif jika dikelola dengan baik dan mempertimbangkan preferensi serta kebutuhan mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Lestari TRP. Kebijakan pendidikan kedokteran di Indonesia. Info Singk Kesejaht Sos. 2012;4(8):9–12.
Ibrahim SA. Tantangan Mahasiswa Kedokteran di Era 5.0 [Internet]. 2022
[dikutip 14 Maret 2023]. Tersedia pada:
https://fk.ung.ac.id/home/berita/tantangan-mahasiswa-kedokteran-di-era50-2
Michaelsen LK, Knight AB, Fink LD. Team-based learning: A transformative use of small groups. Greenwood publishing group; 2002.
Tyas LW. Perbedaan Metode Team Based Learning dengan Metode Ceramah terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keperawatan. Str J Ilm Kesehat. 2017;6(2):1–7.
Jafari Z. A comparison of conventional lecture and team-based learning methods in terms of student learning and teaching satisfaction. Med J Islam Repub Iran. 2014;28:5.
Samad AA, Rashid JM, Rahman SZSA, Hussein H. Investigating the implementation of team-based learning in a university level teacher education course. Int J Asian Soc Sci. 2014;4(2):249–57.
Gunawan A. Hubungan antara kecemasan terhadap isu PHK dengan
motivasi kerja pada karyawan tetap dan kotrak PT unitex tbk Bogor. 2017;
Situmorang MH. Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dan Kecemasan Pada Driver Gojek Di Tengah Pandemi Covid-19. 2021;
Pradipta GD. Kecemasan mempengaruhi performa atlet dalam bertanding. Artikel. 2007;
Werdiningsih CE. Pengaruh Model Pembelajaran Team Based Learning (Tbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Yang
Ditinjau Dari Minat Belajar. 2019;
Widodo W. Wujud kenyamanan belajar siswa, pembelajaran menyenangkan, dan pembelajaran bermakna di sekolah dasar. J Ilm ArRisalah Media Ke-Islaman, Pendidik dan Huk Islam. 2017;14(2):22–37.
Ardianzyah MR. Penerapan variasi metode pembelajaran pada mata pelajaran fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MA Ubung Kecamatan Jonggat. UIN Mataram; 2019.
Fadhilah D, Suherdi D. Preferensi gaya belajar perseptual siswa sekolah menengah pertama. J Penelit Pendidik. 2020;20(2):192–201.
Riadi M. Model Pembelajaran Team Based Learning (TBL) [Internet].
[dikutip 17 Maret 2023]. Tersedia pada:
https://www.kajianpustaka.com/2021/05/model-pembelajaran-team-basedlearning.html
Riyaningrum W, Isnaeni N, Rosa EM. Pentingnya Team Based Learning
(TBL) Pada Mahasiswa Keperawatan Untuk Meningkatkan Kerjasama Tim: a Literature Review. Nurs Sci J. 2021;2(1):17–26.
Rohmah HF. Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah ASKEB 3 mahasiswa prodi DIV Kebidanan FK UNS tahun ajaran 2009/2010. 2010;
Pratiwi NWD, Asri IGAAS, Kristiantari MGR. Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa. Int J Elem Educ. 2018;2(3):192–201.
Astuti VW. Team Based Learning Meningkatkan Motivasi Belajar. J STIKES RS Baptis Kediri. 2017;10(2).
Yunitasari P. Pengaruh Pembentukan Kelompok Belajar Dalam Team Based Learnin Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Diii Keperawatan Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta. Med Respati J Ilm Kesehat. 2017;12(2):56–61.
Istiningtyas RD. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi. J Pendidik dan Ekon. 2018;7(4):326–35.
Dwirahayu G. Penerapan Team Based Learning (TBL) untuk
meningkatkan pemahaman konsep pada materi statistik. 2018;
Rahman S. Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 2022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jambura Axon Jurnal (JAJ) telah ter-index oleh:
Sekretariat Tim Editor |
Gedung Fakultas Kedokter, Lantai 1 Jl. Jend. Sudirman No.6, Kota Gorontalo, Gorontalo, 96128, Indonesia.Whatsapp: +6285233215280 Email: axonfkung@ung.ac.id |