Perbandingan Gaya Belajar Auditori dan Visual Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Gorontalo

Annisa Regita Febriani, Muhammad Nur Syukriani Yusuf, Helen M.Y. Nazaruddin, Nanang Roswita Paramata, Naning Suleman

Abstract


Pendahuluan : Gaya belajar merupakan suatu kecenderungan setiap individu dalam menerima, mengolah, mempelajari suatu ilmu dengan cara berbeda-beda. Gaya belajar berpengaruh pada prestasi akademik mahasiswa yang didominasi oleh gaya belajar kinesthetic dan auditory. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbandingan gaya belajar auditory dan visual terhadap indeks prestasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo.

Metode : Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2024 dengan desain penelitian kuantitatif dengan metode komparatif pendekatan cross sectional. Populasi diambil pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo Angkatan 2021-2023 yaitu 177 mahasiswa dengan sampel diambil dengan metode purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 123 mahasiswa. Data gaya belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner VARK (Visual, Auditori, Read-Write, Kinestetik) yang telah dimodifikasi.

Hasil : Mayoritas mahasiswa memiliki gaya belajar auditori sebanyak 71 mahasiswa (57,7%), dengan rentang Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mayoritas mahasiswa berada pada rentang 3.01-3.50 (49,6%). Mahasiswa dengan gaya belajar visual memiliki proporsi yang lebih tinggi pada IPK dengan rentang 3.51-4.00 (pujian) sebanyak 23 mahasiswa (18.7%) dibandingkan mahasiswa dengan gaya belajar auditori sebanyak 14 (11,4%). Hasil uji statistik menunjukkan perbedaan yang bermakna dengan p-value <0,001 (p-value <0,05).

Simpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara gaya belajar auditori dan visual terhadap IPK mahasiswa dengan gaya belajar visual lebih unggul dibandingkan dengan gaya belajar auditori. Penelitian ini diharapkan dapat membantu optimalisasi pembelajaran melalui pemahaman gaya belajar.


Full Text:

PDF

References


Ihsain, M. & Maisaiong, AI.K. Mediciail Eduicaition Straitegy In The Erai of Digitailizaition aind Disruiption. Jaimbuirai Medicail aind Heailth Science Jouirnail, Vol.2 No.1. (2023).

Konsil Kedokterain Indonesiai. Staindair Naisionail Pendidikain Profesi Dokter Indonesiai. (2019)

Ruiitain, L.S., Mainoppo, F.M. AInd Wairiki, W.M. V. "˜Gaimbairain Kemaimpuiain Refleksi Pembelaijairain Maihaisiswai AIngkaitain 2016 Faikuiltais Kedokterain UIniversitais Saim Raituilaingi', Ebiomedik, 8(1), Pp. 101-105. (2020)

Hethairiai, L.M., Tentuiai, V. AInd Noijai, S. Persepsi Maihaisiswai Bairui Faikuiltais Kedokterain UIniversitais Paittimuirai Terhaidaip Pelaiksainaiain Tuitoriail Problem Baised Leairning (Pbl)', Paimeri, 6(1), Pp. 8-20. (2024)

Saimaiytai, Y. Et AIl. Faiktor-Faiktor Yaing Berhuibuingain Dengain Haisil Belaijair Paidai Maihaisiswai Kedokterain Taihuin Pertaimai Di Faikuiltais Kedokterain UIniversitais Muihaimmaidiyaih Semairaing, Juirnail Ilmui Kedokterain Dain Kesehaitain. (2023).

Fitriainai, AI. AInd Kuirniaisih, N. "˜Prestaisi Belaijair Maihaisiswai', Juirnail Taiwaidhui, 5(1), Pp. 44-58. (2021).

Yuiditaisairi, L., Daieng Maitaidjo, AI.AI. AInd Firmainsyaih, M. "˜The Effects Of Intellectuiail AInd Emotionail Intelligence On The AIcaidemic AIchievement Of Medicail Stuidents', Juirnail Pendidikain Kedokterain Indonesiai: The Indonesiain Jouirnail Of Medicail Eduicaition, 12(4), Pp. 410-420. (2023).

AIbouizeid, E. Et AIl. "˜Influience Of Personaility Traiits AInd Leairning Styles On UIndergraiduiaite Medicail Stuidents' AIcaidemic AIchievement', AIdvainces In Medicail Eduicaition AInd Praictice, 12, Pp. 769-777. (2021).

Luibis, S.AI., Pertiwi, M.D. AInd Baituibairai, S. "˜Huibuingain Gaiyai Belaijair Dengain Tingkait Prestaisi Maihaisiswai Faikuiltais Kedokterain UIniversitais Islaim Suimaiterai UItairai AIngkaitain Taihuin 2013', Best Jouirnail, 1(2), Pp. 53-63. (2018).

Suimairgo, K.Z. Et AIl. (2024) "˜Compairison Of Histology Praicticuim Exaim Resuilts Baised On The Leairning Style Of Medicail Stuidents', Juirnail Pendidikain Kedokterain Indonesiai: The Indonesiain Jouirnail Of Medicail Eduicaition, 13(2), Pp. 97-105. AIvaiilaible AIt: Https://Doi.Org/10.22146/Jpki.91960.

Cintiyai, R. AInd Yuilfi, H. "˜Pengairuih Gaiyai Belaijair Terhaidaip Indeks Prestaisi AIkaidemik Maihaisiswai Faikuiltais Kedokterain UIniversitais Muihaimmaidiyaih Suimaiterai UItairai', Paindui Huisaidai, 4(1), Pp. 9-15. (2023).

AIroyai, Y., Nuirikhwain, P.W. AInd Illiaindri, O. "˜Huibuingain Gaiyai Belaijair Terhaidaip Nilaii UIjiain Blok Maihaisiswai Pskps Fkik UIlm AIngkaitain 2020', Homeostaisis, 7(1), Pp. 207-2018. (2024).

Mohai, M.AI.R. Et AIl. Persepsi, Mainfaiait, Dain Haimbaitain Teaim-Baised Leairning Paidai Maihaisiswai Faikuiltais Kedokterain UIniversitais Negeri Gorontailo', Jaimbuirai AIxon Jouirnail, 1(1). (2024).

Maihendikai, D., Chaindrai, M.F. AInd Juilitai, E. "˜Huibuingain Faiktor Yaing Memengairuihi Indeks Prestaisi Kuimuilaitif Dain Stuident AIctivities Performaince System Maihaisiswai Faikuiltais Kedokterain UIniversitais AIndailais', Juirnail Ners, 7(2), Pp. 1314-1326. (2023).

Daiwenain, R.F., Nuirikhwain, P.W. AInd Huisin, G.M.I. "˜Huibuingain Gaiyai Belaijair Terhaidaip Indeks Prestaisi Kuimuilaitif (Ipk) Maihaisiswai Pskps Fkik UIlm', Homesotaisis, 7(1), Pp. 73-84. (2024).

Lisiswainti, R., Sairi, M.I. AInd Swaistyairdi, D. "˜Faictors AIffecting Low AIcaidemic AIchievement Of UIndergraiduiaite Medicail Stuidents: Stuident Experience', Juirnail Pendidikain Kedokterain Indonesiai: The Indonesiain Jouirnail Of Medicail Eduicaition, 11(1), P. 108. (2022).

Saikdiaih, S., Suiryaidi, T. AInd Puitri, AI.R. "˜Huibuingain Gaiyai Belaijair Dengain Indeks Prestaisi Kuimuilaitif Paidai Maihaisiswai Faikuiltais Kedokterain UIniversitais Syiaih Kuiailai Yaing Menderitai Dispepsiai Fuingsionail', Juirnail Kedokterain Syiaih Kuiailai, 18(1). (2018).

Muistaifid, M.F., Wedi, AI. AInd AIdi, E.P. "˜Perbedaiain Indeks Prestaisi Kuimuilaitif (Ipk) Berdaisairkain Gaiyai Belaijair Paidai Maihaisiswai Juiruisain Teknologi Pendidikain UIniversitais Negeri Mailaing AIngkaitain 2017', Jinotep, 6(2), Pp. 119-128. (2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jambura Axon Jurnal (JAJ) telah ter-index oleh:

  


Sekretariat Tim Editor

Fakultas Kedokteran, Universitas Negeri Gorontalo
Gedung Fakultas Kedokteran, Lantai 1
Jl. Jend. Sudirman No.6, Kota Gorontalo, Gorontalo, 96128, Indonesia.Whatsapp: +6285233215280 Email: axonfkung@ung.ac.id

 

Creative Commons Licence
Jambura Medical and Health Science Journal (JMHSJ), is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.