Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Pesertas Didik SDN 109 Inpres Lekoala Melalui Program Kampus Mengajar
Abstract
Program Kampus Mengajar merupakan inisiatif dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai sekolah dasar di Indonesia, termasuk SDN 109 Inpres Lekoala. Program ini bertujuan untuk memperbaiki kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui keterlibatan langsung mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam implementasinya di SDN 109 Inpres Lekoala, program ini melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ditempatkan di sekolah tersebut selama beberapa bulan. Mereka bekerja sama dengan guru setempat untuk merancang dan melaksanakan metode pengajaran yang inovatif dan interaktif. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler juga memberikan dampak positif pada lingkungan sekolah secara keseluruhan. Program Kampus Mengajar memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kemampuan literasi dan numerasi di SDN 109 Inpres Lekoala. Program ini tidak hanya memberikan manfaat akademis bagi siswa, tetapi juga memperkaya pengalaman mengajar bagi mahasiswa dan meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah dasar. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat terus dikembangkan dan diterapkan di lebih banyak sekolah di Indonesia untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang lebih baik
Katakunc:
Literasi, Numerasi, Kampus Mengajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hikmawati, Sari, K. I. W., Malkan, M., Andani, T. G., and Habibah, F. N. (2021). Pengembangan Literasi Digital Guru dan Siswa Melalui Program Kampus Mengajar di SMPN 19 Mataram. Unram Journal of Community Service, 2(3), 83–88.
Khotimah, N. R., Riswanto, and Udayati. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SD Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Jurnal Sinar Sang Surya, 5(2),194–204.
Lestari, P. W., Izzah, H. N., and Yudyaningtyas, M. K. (2020). Peningkatan Minat Baca dengan Program Generasi Masyar akat Gemar Membaca di RPTRA Cililitan Jakarta Timur. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 106–111. Nurhasanah, A. D., and Nopianti, H. (2020). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications. Kemdikbud. (2019). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai Bagian dari Asesmen Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.37905/damhil.v3i2.28799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 wawan anggara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.