DEWITA Sebagai Program Unggulan Pemberdayaan Masyarakat Biluhu Timur

Lisnawaty Wadju Badu

Abstract


Program dalam kegiatan ini berupa sosialisasi pengembangan Wisata Bahari di Desa Biluhu Timur dengan memberikan edukasi mengenai promosi wisata bahari Biluhu Timur. Sehingga, masyarakat dapat mempromosikan wisata yang tersedia di desa Biluhu Timur agar nantinya bisa menarik banyak wisatawan datang berkunjung ke desa Bluhu Timur. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peran warga dalam mengembangkan desa pariwisata, termasuk meningkatkan perekonomian mandiri. Maka untuk mencapai tujuan dari program pengembangan Wisata Bahari desa Biluhu Timur, Tim KKN juga menyelenggarakan beberapa program tambahan untuk mendukung pembangungan desa wisata di Biluhu Timur meliputi kegiatan penataan kebun PKK dan pengecatan lorong pelangi yang bertujuan untuk memberikan warna disepanjang jalan mulai dari gerbang sampai kantor desa sehingga akan terlihat lebih menarik dan diharapkan bisa menarik minat wisatawan. Selanjutnya, pembersihan pesisir pantai di area wisata Itoduti Beach, Global Dive Center, dan Horison Dive Camp, sehingga wisatawan akan merasa lebih nyaman ketika mengunjugi wisata yang ada di Biluhu Timur. Adapun, kegiatan pembenahan spot foto di area wisata Itoduti Beach yang bertujuan memperindah area wisata dan menarik minat wisatawan yang dilakukan melalui pembuatan spot foto, pagar, dan pengecatan. Tujuan dari Dewita sebagai program unggulan pemberdayaan masyarakat biluhu timur yakni memberikan manfaat khususnya terhadap aparat dan seluruh masyarakat desa dalam pembangunan, pengembangan dan penataan desa yang mengarah pada kemajuan sektor pariwisata di Biluhu Timur menjadi desa Wisata Bahari.

Keywords


Dewita; Program Unggulan; Pemberdayaan Masyarakat.

Full Text:

PDF PDF

References


Sumodiningrat, Gunawan, Ari Wulandari. 2016. “Membangunan Indonesia dari Desa, Pemberdayaan Desa sebagau Kunci Kesuksesan, Pembangunan Ekonomi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”. Yogyakarta: Media Pressindo.

Liputan6. https://www.liputan6.com/health/read/4300604/dampak-pandemi-anak-rentan-mengalami-masalah-gizi

Maschab, Mashuri. 2013. “Politik Pemerintahan Desa di Indonesia”. Research Center for Politics and Government (PolGov) UGM.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa




DOI: https://doi.org/10.33756/jds.v2i1.12688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lisnawaty Wadju Badu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JDS has been indexed by: