Pemberdayaan Literasi Pendekatan Edukasi Pencegahan Bullying dan Pemilahan Sampah dalam Penanganan Sampah Terhadap Lingkungan Kepada Siswa-Siswi Di Mis Nurul Ibad

Dwi Sulistyawati, Cintya Aida Sari, Euis Risnawati, Eva Lestari, Novita Sari Manalu, Rani Dawati, Rizka Amelia Trisnawati

Abstract


Pengabdian masyarakat ini penulis lakukan untuk memberikan pengarahan kepada siswa/i MI Nurul Ibad tentang literasi tentang bullying, pencegahan narkoba juga pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih serta bersosialisasi dengan cermat. Partisipan pada pengabdian ini adalah siswa/i MI Nurul Ibad dengan metode pelaksanaan observasi dan presentasi. Selama kegiatan berlangsung ada beberapa kendalan yang kami alami namun bisa diatasi dan kegiatan berjalan lancar sesuai tujuan awal melakukan pengabdian. Pemilik yayasan dan guru serta siswa/i Mi Nurul Ibad menyambut baik dan antusias selama kegiatan berlangsung. Metode pelaksanaan dimulai dari survei lapangan, persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan KKN, dan diakhiri dengan tahap evaluasi. Hasil dari PM ini siswa mampu memahami penjelasan dan mengetahui dampak mengenai pengelolaan sampah, menerapkan pencegahan bullying dan narkoba serta melakukan kegiatan sosialisasi.

 

Optimization of Environmental Academics: Education to Prevent Bullying and Waste Sorting Literacy in Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ibad

Abstract:

The author did this community service to guide MI Nurul Ibad students in literacy about bullying, drug prevention, and waste management, aimed at improving clean living behavior and socializing carefully. Participants in this service were MI Nurul Ibad students with observation and presentation methods. We experienced several obstacles During the activity that could be overcome, and the activity ran smoothly according to the initial purpose of doing service. The owner of the foundation and the teachers and students of Mi Nurul Ibad welcomed and enthusiastically participated in the activity. The implementation method starts with field surveys, preparation of activities, and implementation of community service activities and ends with the evaluation stage. The results of this PM are that students are able to understand the explanation and know the impact of waste management, implement bullying and drug prevention, and carry out socialization activities.


Keywords


Academic; Education; Literacy; Bullying; Waste

Full Text:

PDF

References


Amri, Choirul, and Wahyu Widyantoro. “Pendampingan Pembelajaran Memilah Dan Menempatkan Sampah Pada Tempatnya Sejak Usia Dini Di TK Imbas 1.” International Journal of Community Service Learning 1, no. 3 (December 14, 2017): 121–26. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12598.

Cahyono, Aulia Rahmi, Najimatul Ilmiyah, and Febrianawati Yusup. “KORELASI PENGUASAAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH 3R DI SEKOLAH.” Bioilmi: Jurnal Pendidikan 9, no. 1 (June 30, 2023): 17–25. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v9i1.14394.

Dewi, Putu Yulia Angga. “Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 1 (June 3, 2020): 39–48. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526.

Gunawan, Ersa Delia Ade, and Kadek Linda Kusnita. “Pengaruh Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Tingkat Pendidikan Dalam Motivasi Belajar Anak.” Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (2023): 182–86.

Kharizmi, Muhammad. “KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI.” JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar) 2, no. 2 (2015). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233.

Kusuma, Fitra Adi, Haviz Dazaqy, Rifal Martin, Robi Santika, and Febrina Dafit. “PEMBENTUKAN LITERASI DI SD MIN 3 PEKANBARU.” Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa 1, no. 3 (July 2, 2023): 52–58. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.766.

Mahyudin, Rizqi Putreri. “STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH BERKELANJUTAN.” EnviroScienteae 10, no. 1 (October 13, 2016): 33–40. https://doi.org/10.20527/es.v10i1.1962.

Marliani, Novi. “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 4, no. 2 (August 13, 2015). https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.146.

Murphy, Alexa Gordon, and S. L. Banas. “Character Education.” Dealing with Bullying. New York: Infobase Pub, 2009.

Nababan, Nathania Olga Br. “Model ideal pengelolaan sampah untuk mewujudkan konsep zero waste di kota Surakarta (studi atas peraturan daerah kota Surakarta nomor 3 tahun 2010 tentang pengelolaan sampah).” Thesis, UNS (Sebelas Maret University), 2017. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/73801/Model-ideal-pengelolaan-sampah-untuk-mewujudkan-konsep-zero-waste-di-kota-Surakarta-studi-atas-peraturan-daerah-kota-Surakarta-nomor-3-tahun-2010-tentang-pengelolaan-sampah.

Sulistyanto, Hernawan, Djumadi Djumadi, Sabar Narimo, Harun Joko Prayitno, Sofyan Anif, Heriyanti Tahang, Anggun Kusuma Budi, and Fadtma Alfita Setyaningrum. “Pemberdayaan Literasi-Numerasi Siswa Sanggar Kulim Kedah dan Ar-Rahmah Penang Malaysia dengan Media Digital.” Buletin KKN Pendidikan 5, no. 1 (June 29, 2023): 1–11. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22611.

Yaqin, Ainul. Pendidikan Multi Kultural. Lkis Pelangi Aksara, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33756/jds.v4i1.24260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Sulistyawati, Cintya Aida Sari, Euis Risnawati, Eva Lestari, Novita Sari Manalu, Rani Dawati, Rizka Amelia Trisnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JDS has been indexed by: