Upaya Pengembangan Potensi Desa Melalui Rancang Bangun Peraturan Desa Dudepo Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato

Lusiana Margareth Tijow, Zamroni Abdussamad

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini sebagai luaran laporan Program Pengabdian KKN sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi desa yang ada, sehingga dapat mewujudkan pembangunan desa. Selain itu sosialisasi dan penyuluhan terkait dengan rancang bangun peraturan desa tentang pengembangan potensi Desa Dudepo di Kabupaten Pohuwato tersebut kepada aparat dan masyarakat desa dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan sekaligus keselarasan persepsi dalam melakukan ikhtiar kolektif pembangunan desa melalui pengembangan potensi desa di Kabupaten Pohuwato, serta Pembentukan SATGAS P2D (Satuan Tugas Pengembangan Potensi Desa) yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan melakukan pendampingan mulai dari tahapan identifikasi potensi desa, perencanaan, pengelolaan dan pengembangan potensi desa sebagai bentuk perwujudan desa tangguh dan berkembang untuk mencerminkan pelaksanaan pembangunan di desa. Hasil dari kegiatan ini adalah pelaksanaan pendampingan pembentukan peraturan desa sesuai dengan potensi Desa Dudepo, data-data terkait potensi yang ada di Desa Dudepo, Pembentukan SATGAS P2D (Satuan Tugas Pengembangan Potensi Desa) yang melibatkan aparat desa dan masyarakat untuk memudahkan koordinasi, komunikasi program dan kegiatan pengembangan potensi desa di Desa Dudepo.

Kata Kunci: Pengembangan; Rancang Peraturan Desa; Potensi Desa.


Keywords


Pengembangan; Rancang Peraturan Desa; Potensi Desa.

Full Text:

PDF

References


Igirisa, Irawati. 2019. "Upaya Pengembangan Potensi Desa Melalui Penanggulangan Risiko Bencana di Desa Balayo dan Desa Dudepo Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato." Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo 71.

Purwokerto, Sekretariat DPRD Kabupaten Cilacap dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN. 2016. Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Tentang Desa Wisata. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Santoso, Lukman. 2015. Hukum Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ya'muri, Imam. 2017. "Efektivitas Pengelolaan Keuangan Dana Desa di Kecamatan Bukit Malintang Kanupen Mandailing Natal Tahun 2016." Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa




DOI: https://doi.org/10.33756/jds.v1i1.8254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lusiana Margareth Tijow, Zamroni Abdussamad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JDS has been indexed by: