Model Pemberdayaan Kader Kesehatan Desa Dalam Upaya Menekan Kasus Stanting Di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato

Fence Wantu, Januar Hippy

Abstract


Masalah anak pendek (stunting) adalah salah satu permasalahan gizi yang menjadi fokus Pemerintah Indonesia, Stunting adalah status gizi yang didasarkan pada indeks PB/U atau TB/U dimana dalam standar antropometri penilaian status gizi anak, hasil pengukuran tersebut berada pada ambang batas (Z-Score) <-2 SD sampai dengan -3 SD (pendek) dan <-3 SD (sangat pendek).Stunting merupakan permasalahan gizi kronis yang menjadi prioritas pembangunan nasional yang tercantum dalam RPJMN 2020-2024. Kabupaten Pohuwato Kecamatan Patilango desa Suka Makmur melakukan metode Akselerasi Pencegahan Stunting di Desa Suka Makmur sebagai panduan dana arah kebijakan bagi pemerintah desa dan masyarakat untuk pencegahan stunting di desa Suka Makmur. Selain itu sosialisasi dan penyuluhan terkait dengan rencana strategis akselerasi pencegahan stunting tersebut kepada kader kesehatan dan masyarakat desa dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan sekaligus penyamaan persepsi dalam melakukan ikhtiar kolektif pencegahan stunting di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato, serta launching Kader Kesehatan Desa untuk pencegahan Stunting di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato dengan tujuan semakin memasifkan akselerasi pencegahan stunting di dusun-dusun hingga ketingkat keluarga.


Keywords


Kebijakan; Akselerasi; Stunting.

Full Text:

PDF

References


Adistie, F., Lumbantobing, V. B., & Maryam, N. (2018). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Deteksi Dini Stunting dan Stimulasi Tumbuh Kembang pada Balita. Media Karya Kesehatan, 1(2).

Badan Pusat Statistik, 2020. Kabupaten Gorontalo Dalam Angka 2020, Badan Pusat Statistik Kabupaten Pohuwato

Badan Pusat Statistik, 2019. Kecamatan Patilanggio Dalam Angka 2019, Badan Pusat Statistik Kabupaten Pohuwato.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020–2024. Rancangan Teknokratik. Jakarta: Bappenas.

Doddy Izwardy. 2019. Kebijakan Dan Strategi Penanggulangan Stunting Di Indonesia. Disampaikan pada FGD Skrining Malnutrisi Pada Anak Di Rumah Sakit di Hotel Luwansa, 22 Februari 2019.

Kemenkes RI. (2012). Buku Saku Posyandu. Pusat Promosi Kesehatan https://www.kemkes.go.id/resources/download/promosi-kesehatan/buku-sakuposyandu.pdf Diakses pada tanggal 17 Februari 2020.

Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, 2018, Pedoman Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi di Kabupaten/Kota, Edisi November 2018.

Margaretha Solang, et, al. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanganan Balita Stunting Melalui Pemanfatan Pangan Lokal Sumber Protein Dan Zink Berbasis Kerang Dan Kelor Di Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25 (2).

Mitra. 2015. Permasalahan Anak Pendek (Stunting) Dan Intervensi Untuk Mencegah Terjadinya Stunting. Jurnal Kesehatan Komunitas, 2 (6).

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2018. Situasi balita Pendek (Stanting) di Indonesia. Buletin Jendela Data dan informasi Kesehatan, Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan. Safitri CA, dan Nindya TS. 2017. Hubungan ketahanan pangan dan penyakit diare dengan stunting pada balita 13-48 bulan di Kelurahan Manyar Sabrangan, Surabaya. Jurnal Amerta Nutris,i 1 (2).

Salman, et, al. 2017. Hubungan Pengetahuan Gizi Ibu Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Balita Di Desa Buhu Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Health and Nutritions Journal, 3 (1).

Sulastri D. 2012. Faktor determinan kejadian stunting pada anak usia sekolah di kecamatan lubuk kilangan Kota Padang. Jurnal Kesehatan Kedokteran Andalas. 36 (1).

Sutarto, et, al. 2018. Stunting, Faktor Resiko dan Pencegahannya. Jurnal Agromedicine, 5 (1).

UNICEF. (2017). Prevalensi Stunting Balita Indonesia Tertinggi Kedua di ASEAN, 1. World Health Organization. (2014). Childhood Stunting: Challenges and opportunities. Report of a Promoting Healthy Growth and Preventing Childhood Stunting colloquium. WHO Geneva, 34.

Zulkifli Mangkau. 2019. Kabupaten Pohuwato Masuk Zona Teraman Stunting. Diakses pada 5 Juli 2020, dari: https://60dtk.com/kabupaten-pohuwato-masuk-zona-teraman-stunting/

https://hulondalo.id/10-desa-di-pohuwato-jadi-lokus-penanganan-stunting/, diakses pada tanggal 5 Juli 2020.




DOI: https://doi.org/10.33756/jds.v1i1.8255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fence Wantu, Januar Hippy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JDS has been indexed by: