Penanganan Stunting Melalui Konsep Gerbos Emas

Abdul Hamid Tome, Weny Almoravid Dungga

Abstract


Tulisan ini bertujuan sebagai luaran laporan Program Pengabdian KKN terkait dengan penanganan stunting. Stunting dapat memberikan dampak buruk terhadap tumbuh kembang anak, tidak hanya dari sisi fisik tetapi juga dari sisi kognitifnya. Jika hal ini terus dibiarkan maka akan mempengaruhi proses pembangunan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya. Kabupaten Pohuwato merupakan daerah yang memiliki kasus stunting yang cukup signifikan. Sehingga diperlukan upaya partisipatif yang bersumber dari masyarakat dalam rangka mendukung kebijakan daerah dalam penanganan stunting. Desa Balayo yang menjadi tempat pelaksanaan KKN Tematik Stunting merupakan wilayah yang belum ditemukan adanya kasus stunting, meski demikian sebagai upaya pencegahan perlu dilakukan pendampingan kepada masyarakat dan pemerintah Desa Balayo dalam mengambil langkah-langkah yang terstruktur dalam penanganan stunting. Oleh karenanya melalui program KKN Tematik ini, diusulkan kegiatan  yang berjudul Pencegahan Stunting Melalui Pembentukan dan Pendampingan Kelompok Kerja Gerbos Emas (Gerakan Kolaborasi Mengentaskan Dan Mencegah Anak Stunting) di Desa Balayo Kecamatan Patilanggio. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah pemberdayaan melalui penyuluhan dan pendampingan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terlaksanya pendampingan dan pembentukan Kelompok Kerja Gerakan Kolaborasi Mengentaskan Dan Mencegah Anak Stunting di Desa Balayo dengan memperhatikan segala potensi desa.


Kata Kunci : Pencegahan Stunting ; Gerbos Emas; Desa


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., & Nggilu, N. M. (2020). Denyut Nadi Amandemen Kelima UUD 1945 melalui Pelibatan Mahkamah Konstitusi sebagai Prinsip the Guardian of the Constitution. Jurnal Konstitusi, 16(4), 785-808.

Achir, N. (2020). Anotasi Normatif Terhadap Peraturan Daerah Tentang Transparansi. Jambura Law Review, 2(1), 83-100.

BPS. 2019. Kecamatan Patilanggio Dalam Angka 2019. Pohuwato: BPS Kabupaten Pohuwato.

Pantaleon, Asweros Umbu Zogara dan Maria Goreti. 2020. "Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita." Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 9 (2), 86.

RI, Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan. 2018. Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia. Jakarta: Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan.

Tome, A. H. (2020). Anotasi Penataan Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Gorontalo Berdasarkan Asas Pembentukannya. Al-Ahkam, 16(1), 24-33.




DOI: https://doi.org/10.33756/jds.v1i1.8257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Hamid Tome, Weny Almoravid Dungga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JDS has been indexed by: