Sosialisasi Penggunaan Panic Button untuk Tanggap Darurat Bencana Desa Olele Kecamatan Kabila Bone

Ahmad Azhar Kadim, Iren Sukmawati R. Ui, Agus Lahinta, Tajuddin Abdillah, Roviana H Dai, Salahudin Olii, Rochmat Mohammad Thohir Yassin, Indhitya R Padiku

Abstract


Permasalahan prioritas mitra sesuai kesepakatan bersama untuk diselesaikan selama pelaksanaan program proyek Pengabdian Masyarakat Desa Binaan adalah : (1) Proses pemasaran masih mengandalkan sistem penjualan secara langsung dan belum melayani permintaan dari luar daerah, hal ini dipengaruhi oleh kurangnya pengetahun tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk jual beli secara (on-line). (2) Desa Olele terletak di daerah pesisir pantai Teluk Tomini, hal ini berpotensi bencana Tsunami, Banjir dan tanah longsor. Desa itu sendiri belum memiliki aplikasi tanggap bencana yang bisa memberikan solusi terhadap Desa akan bencana Alam. (3) selain pencatatan penduduk yang masih manual, Desa Olele juga masih terkendala dengan persoalan pajak daerah. Solusinya adalah: (1) Akan dibuatkan Website pemasaran digital marketing UMKM, (2) dibuatkan aplikasi penanggulangan bencana daerah berbasis aplikasi tanggap bencana dan (3) akan dibuatkan pelatihan dan aplikasi sistem informasi administrasi wajib pajak. Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan program Pengabdian Masyarakat Desa Binaan ini adalah (1) peningkatan produksi dan pendapatan mitra melalui penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi. (2) tersediaanya akses kemudahan tanggap bencana melalui aplikasi penanggulangan becana daerah. (3) Terkontrolnya wajib pajak daerah dalam pembayaran pajak berdasarkan by name by address dalam aplikasi wajib pajak. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah pelatihan dan pendampingan (ceramah dan praktek) serta evaluasi ketercapaian target pelaksanaan kegiatan program Pengabdian Masyarakat PNBP Fakultas . Hasil Pelatihan, pendampingan dan evaluasi akan dilaporkan oleh pelaksana secara periodik ke pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Gorontalo.

Keywords


Digital marketing, pemasaran dengan website, aplikasi tanggap bencana, sistem informasi administrasi wajib pajak, pengabdian masyarakat PNBP Fakultas Teknik.

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2012, Panduan pengabdian kepada masyarakat, DP2m Dikti, http://www.dikti.go.id/files/Litabmas/PANDUAN%20PENGABDIAN%20KEPADA%20MASYARAKAT%20TAHUN%202012.pdf

Datau (2010), Meningkatkan kemampuan membuat sulaman kerawang tipe tisik melalui metode pembelajaran langsung, Jurusan Teknik Kriya Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Lasalewo, T (2012), Kajian Kandungan Teknologi Pada Industri Kerajinan Kerawang Sebagai Produk Andalan Provinsi Gorontalo, Seminar Nasional Industrialisasi Madura, Jurusan Teknik Industri Universitas Trunojoyo, Madura.




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v1i1.12913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iren Sukmawati R. Ui, Ahmad Azhar Kadim, Agus Lahinta, Tajuddin Abdillah, Roviana H Dai, Salahudin Olii, Rochmat Mohammad Thohir Yassin, Indhitya R Padiku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.