Pelatihan Pengenalan Jaringan Dasar Menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracker Guna Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa PTI Semester 1

Resty Febriani S, Zila Razilu, Amin Mubarak, Sherli Sherli, Asjun Asjun

Abstract


Tujuan dilakukan pelatihan pengenalan jaringan dasar menggunakan aplikasi cisco packet tracker guna meningkatkan pengetahuan mahsiswa PTI Semester 1. Program pelatihan ini memberikan pemahaman tentang mengsimulasikan jaringan komputer menggunakan pengujian jaringan Local Area Network (LAN), mengkonfigurasikan dengan mengatur alamat IP Adrres, gatewaydhcp server. Metode pengabdian masyarakat untuk simulasi jaringan komputer menggunakan metode eksperimen dan metode rancangan serta melakukan pre tes dan post tes. Pada hasil pengabdian masyarakat dilakukan dengan 2 sesi dan dilakukan pendampingan pelaksanaan dengan instruktur terjun langsung dalam mendampingi praktek pada pelatihan dengan tujuan  sejauh mana pemahaman mahasiswa PTI Semester 1 setelah melakukan pelatihan ini. Dalam hal ini dapat dilihat dari perlakuan serta tingkah laku mahasiswa PTI Semester 1 dalam praktek mengsimulasikan jaringan komputer dan mengkonfigurasikan jaringan pada Aplikasi cisco packet tracker  yakni mahasiswa yang ikut berpartisi pada pelatihan ini di nyatakan berhasil 100%  mampu dalam mensimulasikan jaringan dan mengkonfigurasikan jaringan menggunakan cisco packet tracker sangat baik. Cisco packet tracker  sangat membantu dalam mendesain atau merancang topologi jaringan beserta mengkonfigurasikan alamat IP pada jaringan didunia nyata.


Keywords


PTI, LAN, Cisco Packet Tracker

Full Text:

PDF

References


Networking Technologies (INTRO) version 2.1 & Interconnecting Cisco Network Devices, version 2.3).

Hambali, H., Aulia, R., & Mardalius, M. (2018). Workshop Simulasi Jaringan Dasar Komputer Menggunakan Cisco Packet Tracer. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 33–40. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v1i2.108

Pelajaran, M., Jaringan, K., Di, D., & Negeri, S. M. K. (2019). PENDAHULUAN Pembelajaran pada hakikatnya merupakan kegiatan mental yang tidak dapat dilihat . Hal ini hanya dapat terlihat dari adanya gejala-gejala perubahan perilaku yang tampak . Pembelajaran juga harus dibuat menarik dan unik . Untuk itu diperlukan su. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 6(2), 39–53.

Puput P, L., H, F., Tiwi B, P., Samusu, S., & Sabirin, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Jaringan LAN pada Siswa SMK Telkom Kendari. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.51454/amaliah.v5i1.461




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v2i1.18568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zila resty sherli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.