Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Informasi KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) Oryza Sativa Glutinosa MAN 1 Kabupaten Gorontalo

Muthia Muthia, Eka Vickraien Dangkua, Bait Syaiful Rijal, Arif Dwinanto, Nikmasari Pakaya, Indhitya R. Padiku, Sri Ayu Ashari, Ihsanulfu'ad Suwandi, Huzaima Mas'ud, Cakra Yudha Pratama

Abstract


Kelompok Remaja Ilmiah oryza sativa var glutinosa (ozava glutinosa) MAN 1 Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler bergengsi yang banyak diminati para siswa. Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, para siswa digembleng dalam berbagai kegiatan, seperti, menjadi jurnalis sekolah, melakukan penelitian- penelitian hingga menyusunnya menjadi Karya Tulis Ilmiah (KTI). Sampai saat ini pengumpulan karya disatukan pada sebuah arsip dalam bentuk hard file berupa dokumen kertas. Hal ini selain memiliki kemungkinan akan hilangnya beberapa buah karya, juga menghambat usaha pencarian sebuah dokumen; Tidak adanya wadah untuk publikasi karya yang dihasilkan oleh kelompok remaja ilmiah ozava glutinosa; Dalam proses pengecekan kelayakan karya, masih terbilang rumit karena dilakukan secara manual oleh guru pembimbing; Ditinjau dari kualitas sumber daya manusia yang tersedia, belum ada yang capable dalam membangun dan mengelola sistem informasi. Pengabdian ini melakukan sosialisasi dan pelatihan sistem informasi KIR. Hasil dari pembuatan sistem informasi berbasis website untuk kelompok ilmiah remaja ozava glutinosa, dapat memudahkan siswa dalam proses pengecekan kelayakan karya karena menjadi lebih sederhana dengan fitur komentar yang langsung terhubung dengan guru pembimbing, dengan website ini proses publikasi karya lebih terorganisir dan dengan mudah mencari karya yang dipublikasikan oleh KIR ozava, sistem ini juga menjadikan karya-karya yang dihasilkan dapat dengan mudah dan aman diarsipkan.


Keywords


Sistem Informasi, Kelompok Ilmiah Remaja

Full Text:

PDF

References


Afyenni, R. (2014). Perancangan data flow diagram untuk Sistem informasi sekolah (studi kasus pada sma pembangunan Laboratorium unp). Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 2(1), 35-39.

Aziiza, A. A., & Fadhilah, A. N. (2020). Analisis Metode Identifikasi dan Verifikasi Kebutuhan Non Fungsional. Applied Technology and Computing Science Journal, 3(1), 13-21.

Fitri, R., Subandi, S., & Hastuti, I. (2019, December). Analisis Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan Smart Requirement Dalam Membangun Sistem Informasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Politeknik Negeri Banjarmasin. In Seminar Nasional Riset Terapan (Vol. 4, pp. A01-A10).

Hisyam, F., Sayid Syeh Yusuf, A. B., Nur Jihan, Q., Machmud Khudlori, A., & Muhammad, F. (2019). Sistem Informasi Publikasi Penelitian dan Pengabdian.

Indrayasa, I. G. N. A. (2015). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Berbasis Web. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 1-1.

Kamil, H., & Duhani, A. (2016). Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada 21 Laundry Padang. Prosiding Semnastek.

Nugraha, A. R., Pramukasari, G., & Sumaryana, Y. (2017). Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA), 4(2).

Nursanti, E., & Handoko, F. (2015). Rancangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Web Interaktif Terintegrasi Di Smk Negeri 1 Nabire. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 1(1), 53-59.

Renatha, F. A., Satoto, K. I., & Nurhayati, O. D. (2015). Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus Jurusan Sistem Komputer). Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(3), 343- 353.

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104.




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v2i2.20999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MUTHIA MUTHIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.