Pelatihan Dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Desain Grafis

Huzaima Mas’ud, Sri Ayu Ashari, Bait Syaiful Rijal, Eka Vickraien Dangkua, Arif Dwinanto, Muthia Muthia, Ihsanulfu’ad Suwandi, Esta Larosa, Wahyu Saputra

Abstract


Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran multimedia menjadi sangat penting. Media pembelajaran interaktif memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi secara aktif dengan konten pembelajaran menggunakan berbagai elemen multimedia seperti gambar, audio, video, animasi, dan simulasi. Dalam rangka mengatasi tantangan pembelajaran konvensional dan memanfaatkan peluang teknologi multimedia yang ada, pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran multimedia menjadi sangat relevan dan mendesak. Metode yang digunakan yaitu R&D meliputi 5 tahapan. Berdasarkan pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Desain Grafis, pendekatan ini memberikan pengalaman pembelajaran yang terstruktur, menarik, dan efektif bagi pengguna. Melalui tampilan menu yang intuitif, fitur-fitur interaktif, dan soal latihan yang disediakan, media pembelajaran ini mampu memfasilitasi pemahaman konsep-konsep Desain Grafis secara bertahap dan sistematis. Selain itu, media ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran, serta memberikan umpan balik yang berguna terhadap kemampuan mereka dalam menerapkan konsep-konsep Desain Grafis. Kegiatan pengabdian ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan guru pendamping serta peserta didik. Dimana mahasiswa dapat berbagi ilmu dan membantu guru untuk dapat mengembangkan keterampilan siswa diluar jam pelajaran serta menambah ilmu siswa diluar dari kurikulum yang diajarakan.


Keywords


Desain Grafis; Media Pembelajaran Interaktif

Full Text:

PDF

References


Brunet, R. R. (2014). Teknologi Komunikasi: Media Baru dalam Masyarakat. Longman.

Culatta, R. (2015). Mengimajinasikan Pembelajaran: Richard Culatta diTEDxBeaconStreet. TEDx Talks.

Dawson, K. (2019). Integrasi Teknologi dan Kelas Berpotensi Tinggi: Membangun dari TPACK. Routledge.

Honey, M., & Hilton, M. (Eds.). (2011). Belajar Sains Melalui Permainan Komputer dan Simulasi. National Academies Press.

Jonassen, D. H. (2011). Belajar Memecahkan Masalah: Panduan untuk Mendesain Lingkungan Pembelajaran Pemecahan Masalah. Routledge.

Mayer, R. E. (2009). Pembelajaran Multimedia (Edisi ke-2). Cambridge University Press.

Medina, J. (2008). Brain Rules: 12 Prinsip untuk Bertahan dan Berkembang di Tempat Kerja, Rumah, dan Sekolah. Pear Press.

Pichai, S. (2019). Sundar Pichai: Android Digunakan oleh Satu Miliar Pengguna, 400 OEMs, dan 500

Sugiono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA.

Zielke, M. (2012). Multimedia untuk Pembelajaran: Metode dan Pengembangan (Edisi ke-3). Pearson.

Ziegler, C. (2013). Android: Sejarah dalam Bentuk Visual. The Verge.




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v2i2.21155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Huzaima Mas’ud, Sri Ayu Ashari, Bait Syaiful Rijal, Eka Vickraien Dangkua, Arif Dwinanto, Muthia Muthia, Ihsanulfu’ad Suwandi, Esta Larosa, Wahyu Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.