Pelatihan E-learning Edlink Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 2 Gorontalo Utara

Ahmad Azhar Kadim, Hermila A, Agus Lahinta, Jemmy Pakaja, Dian Novian, Nurpita Sukmaya Mania

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang inovasi pembelajaran berbasisE-learning bagi siswa-siswi SMK Negeri 2 Gorontalo Utara dengan melalui kegiatan pelatihan penggunaan Edlink. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa, guru pamong, dengan metode implementasi pengabdian menggunakan metodeceramah, pertanyaan dan jawaban, serta simulasi. Hasil pendampingan ini menunjukkan bahwa media pembelajaransangat penting bagi pendididikan. Dalam konteks pendidikan, e-learning dapat digunakan dalam berbagai tingkatpendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi dan pendidikan pendidikan non-formal. E-learning dapat menjadi alternatif bagi siswa yang kesulitan dalam menghadiri kelas reguler karena jarak,keterbatasanfisik, atau alasan lainnya. E-learning juga dapat memungkinkan siswa untuk memperoleh akses ke berbagai materipembelajaran dan sumber daya yang mungkin tidak tersedia di lingkungan pembelajaran tradisional. Pendampinganberfokus pada kesulitan siswa dalam melakukan pengelolaan kelas dengan Edlink, harapannya siswa mampumenyesuaikan dan memiliki pengetahuan baru. Ada pemberian materi secara langsung untuk tim pengabdian kepadasiswa dengan metode ceramah, yang diikuti dnegan sesi tanya jawab oleh peserta dalam sesi tnya jawab sehinggapelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dalam bentuk pelatihan penggunaan platform aplikasi E-learning Edlink. Pemberian metode ceramah ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara tim mengajar di sekolah  dengan peserta pelatihan  terkait  Edlink. Luaran yang dicapai dari kegiatan pengabdian keoada masyarakat ini yaitu: peserta pelatihan yang berasal dari siswa SMK Negeri 2 Gorontalo Utara telah memiliki pengetahuan dan wawasan tentang cara mengembangkan serta menggunakan aplikasi E-learning Edlink, memiliki e-learning sendiri agar dapat mendukung proses pembelajaran agar lebih menarik bagi siswa.

Keywords


E-Pembelajaran; Teacher; Edlink; Pelajar; Sekolah; Metode

Full Text:

PDF

References


Amu, I., Mohamad, Y., & Tolago, A. I. (2019). Kajian kelayakan operasi pecah beban Siemens, G. (2002). Instructional Design in E-learning.

Bates, A. W.(2005). Technology, e-learning and distance education.

Hartvig, A. S., & Brooks, E. P. (2013). Universal Access in Human-Computer Interaction. Applications and Services for Quality of Life. Berlin: Springer Berlin Heidelberg

Marlina, E. (2020, Juli). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI SEVIMA EDLINK. Jurnal Padegogik, 3(2), 11-17.

Wibowo, A.,& Rahmayanti, I. (2020). Penggunaan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online Untuk Mengajar Dan Belajar Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 163-174.




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v2i2.21834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Azhar Kadim, Hermila A, Agus Lahinta, Jemmy Pakaja, Dian Novian, Nurpita Sukmaya Mania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.