Pelatihan Sistem Informasi Desa Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Cerdas

Mohammad Syafri Tuloli, Eka Vickraien Dangkua, Rahmat Taufik R.L Bau, Reynaldy Owen Agus, Nurhayati Toolingo

Abstract


Pemanfaatan sistem informasi dalam memajukan masyarakat desa dan bagaimana pendampingan serta pelatihan sistem informasi desa dapat membantu meningkatkan pemahaman dan integrasi  teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari. Desa Tunggulo menunjukkan bahwa masih ada tantangan dalam pengelolaan sistem informasi desa, seperti penginputan data penduduk yang belum sempurna, keterbatasan upaya pemasaran pada sektor UMKM, dan proses absensi yang masih manual. untuk mengatasi masalah tersebut, Mahasiswa KKN melakukan pemetaan, penginputan data penduduk dan UMKM, pembuatan aplikasi buku tamu, dan pengimplementasian RFID sebagai sistem identifikasi absensi harian di Kantor Desa Tunggulo, serta memberikan pelatihan tentang website desa kepada kader IT dan masyarakat di Desa Tunggulo. Hal ini diharapkan dapat menyempurnakan Sistem Informasi Desa dan membantu masyarakat desa menjadi lebih mandiri dalam memanfaatkan teknologi informasi.

Keywords


Sistem Infofrmasi Desa, Tunggulo, UMKM

Full Text:

PDF

References


Haryanto, D., & Wahyudi, A. (2021). Mewujudkan Masyarakat Desa Cerdas melalui Pendampingan dan Pelatihan Sistem Informasi Desa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi, 55-62

Ridwan, A. (2019). Peran Sistem Informasi Desa dalam Pengembangan Masyarakat Desa. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 115-125.

Novianti, H., Hardiyanti, D. Y., Raflesia, S. P., Lertarini, D., Rifai, A., & Indah, D. R. (2023). SISTEM RANCANGAN BANGUN SISTEM INFORMASI DESA PADA DESA REBO KABUPATEN BANYUASIN. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(1), 31-34.

Hisnul, H., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 Berdampak Pada Teknology Dan Digitalisasi Pada Pusat Oleh Oleh Rahma Di Desa Kendalrejo. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 49-58.

Srivastava, B. (2004). Radio frequency ID technology: The next revolution in SCM. Business Horizons.




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v3i1.22104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mohammad Syafri Tuloli, Eka Vickraien Dangkua, Rahmat Taufik R.L Bau, Reynaldy Owen Agus, Nurhayati Toolingo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.