Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari Bagi Kelompok Belajar Taman Berkah

Ahmad Wael, Hayat Marwan Ohorella, Rezkiah Hartanti, Kris Uluelang, Yuliana A.

Abstract


Kemampuan berbicara Bahasa Inggris menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam menghadapi perkembangan zaman. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih dan memperkenalkan Bahasa Inggris dalam konteks percakapan sehari-hari. Peserta yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini berjumlah 10 peserta. Pelatihan dilaksakan pada tanggal 4-6 September 2023 yang bertempat di Kelompok Belajar Taman Berkah.

Hasil dari pelatihan ini sebagian besar peserta telah menunjukkan kemampuan dan perubahannya dalam berbicara Bahasa inggris dengan menggunakan metode Daily Conversation dapat dilihat dari perolehan skor pada post-tes yang dilakukan. Rata-rata peserta pelatihan memperoleh level 3 yaitu mencakup situasi percakapan yang lebih umum, dapat mengambil inisiatif dalam percakapan sehari-hari, kecepatan berbicara sedikit lambat namun tidak terlihat jeda, pelafalan terlihat cukup jelas.

 


Keywords


Bahasa Inggris, Berbicara, Percakapan Sehari-hari

Full Text:

PDF

References


Bailey, K. M. (2005). Practical English Language Teaching: Speaking. New York: McGraw-Hill.

Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Longman.

Cenderamata, R. C. & Agus, N. S. (2019). Abreviasi dalam Percakapan Sehari-Hari di Media Sosial: Suatu Kajian Morfologi. Kajian Linguistik Dan Sastra, 4(2), 154–163

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23917/kls.v4i2.6284

Hartanti, R., Wael, A., Hasanudin, H., Uluelang, K., & Hasyim, R. (2022). Mengasah Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Small Group Discussions Pada Siswa Smp Negeri 16 Kabupaten Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 4(2), 42-47.

Muchlas, M and Fadhilah, Eva. The Influence of DCM toward Students’ Foreign

Language Speaking Fluency in Modern Islamic Boarding School in Indonesia.

Proceedings of SOCIOINT, , 2016.

Tambunan, P. 2017. Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. The British Journal of Psychiatry, 112(483), 211–212. https://doi.org/10.1192/bjp.112.483.211-a

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

Wael, A., Asnur, M. N. A., & Ibrahim, I. (2018). Exploring Students' Learning Strategies in Speaking Performance. International Journal of Language Education, 2(1), 65-71.

Wael, A., & Hasanudin, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Teknik Storytelling di Medina English Club. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 9(2), 73-77

Wibowo, A. I., Jimmi, J., Nuraeni, C., & Aprillia, A. (2021). Pelatihan English Daily Conversation pada Yayasan Darussalam, Depok. Jurnal Abdimas Komunikasi dan Bahasa, 1(2), 53-58.




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v3i1.22492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Wael, Hayat Marwan Ohorella, Rezkiah Hartanti, Kris Uluelang, Yuliana A.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.