Upaya Mengenalkan Linguistik Korpus untuk Merancang Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berdiferensiasi
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan cara menggunakan data yang ada di korpus untuk merancang pembelajaran bahasa Inggris. Peserta kegiatan ini adalah guru bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di wilayah Jakarta Timur. Penggunaan korpus merupakan bagian dari pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Dalam sesi awal, berbagai fitur dalam korpus dieksplorasi. Korpus yang digunakan adalah Corpus of Contemporary American English dan British National Corpus. Dalam sesi selanjutnya, fitur yang menjadi fokus adalah baris konkordansi. Peserta kegiatan berpartisipasi aktif dalam mengamati data di korpus dan diskusi. Peserta juga belajar bagaimana temuan pola diskursus di baris konkordasi korpus dapat digunakan sebagai materi ajar bahasa Inggris. Pengembangan materi ajar yang seperti ini juga membuat peserta menjadi lebih mudah untuk membuat materi ajar yang berdiferensiasi karena beragamnya data yang ada di korpus. Pengeksplorasian data di korpus membentuk peserta menjadi guru yang tidak bergantung pada buku teks yang sudah tersedia melainkan memanfaatkan sumber data yang dibangun berdasarkan penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Araminta, L. 2020. Integrating learner corpus analysis into the teaching of English academic writing. Saga 1(1). doi: 10.21460/saga.2020.11.28.
_______________________________________________________
Ashkan, L & Seyyedrezaei, S. 2016. The effect of corpus-based language teaching on Iranian EFL learners’ vocabulary learning and retention. International Journal of English Linguistics, 6 (4), 190-196.
_______________________________________________________
Friginal, E, Dye, P, & Nolen, M. 2020. Corpus-based approaches in language teaching: Outcomes, observations, and teacher perspectives. Boğaziçi University Journal of Education, 37 (1), 43-68.
_______________________________________________________
Gavioli, L. 2005. Exploring corpora for ESP learning. Amsterdam: John Benjamins.
_______________________________________________________
Xu, Qi. 2016. Application of learner corpora to second language learning and teaching: An overview. English Language Teaching, 9 (8), 46-52.
_______________________________________________________
Zaki, M. 2020. Corpus-based language teaching and learning: Applications and implications. International Journal of Applied Linguistics, 169-172. doi: 10.1111/ijal.12316
DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v3i1.23616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rika Mutiara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.