MENINGKATKAN MOTORIK DAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI STIMULASI BRAIN GYM DI TK NURUL HUDA AL BUKHARI DESA CIRANGKONG
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tempat belajar anak sebelum memasuki sekolah dasar. Parameter perkembangan dan pertumbuhan anak ditunjukkan dengan kualitas kecerdasan anak. Brain gym merupakan latihan yang membantu optimalisasi fungsi dari otak manusia. Brain gym bertujuan untuk membuka channel fisiologi otak sehingga meningkatkan kemampuan belajar. Brain gym mampu meningkatkan konsentrasi, atensi, kewaspadaan dan kemampuan fungsi otak untuk melakukan perencanaan gerak. Brain gym terbukti mampu meningkatkan motorik kasar, meningkatkan konsentrasi dan mengurangi tingkat kecemasan pada anak. TK Nurul Huda Al Bukhari merupakan pendidikan anak usia dini yang berada di desa Cirangkong, kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Sejauh pengamatan di TK Nurul Huda Al Bukhari belum menerapkan stimulasi gerak brain gym dalam proses pembelajaran. Kegiatan stimulasi motorik hanya sebatas senam sehat gembira yang dilaksanakan sekali selama satu minggu.Tujuan dilaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah meningkatkan ketrampilan siswa PAUD dalam mengaplikasikan brain gym dan menerapkan brain gym dalam proses pembelajaran di TK Nurul Huda Al Bukhari. Program diberikan kepada sekolah adalah pendampingan dan pemberian stimulasi brain gym kepada siswa. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini melalui sosialisasi, pelatihan brain gym kepada siswa, pendampingan brain gym, dan monitoring evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan KPM ini adalah : Peningkatan motoric dan konsentrasi belajar siswa dalam penerapan stimulasi brain gym dalam proses belajar. Selain itu berdasar wawancara dengan guru, diketahui bahwa tingkat konsentrasi anak meningkat setelah melaksanakan stimulasi brain gym.
Kata Kunci : perkembangan motoric, konsentrasi belajar, senam otak, anak usia dini
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, C., Nur, H. S., Vivi, H. H., Afrizha, C., Ramadhani, E., Anisa, R. N., & Zalia, K. (2024). PEKAN PANTAI LABU. 06, 23–29.
Anyon, Y., Bender, K., Kennedy, H., & Dechants, J. (2018). A systematic review of youth participatory
action research (YPAR) in the United States: Methodologies, youth outcomes, and future
directions. Health Education & Behavior, 45(6), 865-878.
fao. (2010). No Titleענף הקיווי: תמונת מצב. עלון הנוטע, 66(2), 37–39.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The
action research planner, 1-31.
Muhadjir, N. (2000).Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi IV, Penerbit Rake Sarasin, Yogyakarta.
Pengabdian, J., & Masyarakat, K. (2023). M u l i a. 2(1), 8–14.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuniarni, D. (2018). Manfaat Brain Gym Bagi Perkembangan Anak Usia Dini Di TK Kanisius Pontianak. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 15(1), 54. https://doi.org/10.29406/br.v15i1.1130
DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v4i1.24711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mulyanti Indriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.