Pelatihan Desain Grafis Dengan Memanfaatkan Aplikasi Canva Pada Siswa Di Lingkungan SMKN 1 Bone Raya

Lillyan Hadjaratie, Indhitya Padiku, Thohir M Jassin, Budi Ahaliki, Alfian Zakaria, Rampi Yusuf, Wawan K Tolinggi

Abstract


Di era serba digitalisasi ini, perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat berkembang dengan pesat. Perkembangan ini telah memberikan banyak manfaat dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang inovatif seperti desain grafis. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan dalam membuat desain grafis ialah Canva. Mempelajari desain grafis dapat memperkaya pengetahuan dan mengembangkan kreativitas siswa, terutama bagi yang berjurusan pada Desain Komunikasi Visual. SMKN 1 Bone Raya merupakan salah satu sekolah kejuruan yang menyediakan jurusan Desain Komunikasi Visual. Namun dari hasil observasi awal menunjukkan hanya sedikit siswa yang dapat menggunakan aplikasi Canva dalam membuat desain grafis. Oleh karena itu, dilakukan pengabdian masyarakat berupa pelatihan desain grafis dengan memanfaatkan aplikasi Canva di SMKN 1 Bone Raya. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan serta mendorong kreativitas dan inovasi para siswa dalam mengembangkan karya-karya desain mereka.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v3i2.27151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lillyan Hadjaratie, Indhitya Padiku, Thohir M Jassin, Budi Ahaliki, Alfian Zakaria, Rampi Yusuf, Wawan K Tolinggi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.