Pengembangan Sistem Informasi Geografis : Text To Speech Untuk Sistem Informasi pemetaan Hasil Suara Pemilu Berbasis Web Studi kasus Kota Gorontalo

Achmad Meygananda Wibowo, Edi Setiawan, Salahudin Olii

Abstract


WIBOWO, ACHMAD MEYGANANDA. Pengembangan Sistem Informasi Geografis : Text To Speech Untuk Sistem Informasi Pemetaan Hasil Suara Pemilu Berbasis Web Studi Kasus Kota Gorontalo. Pembimbing I : Edi Setiawan, S.Kom., M.Kom. & Pembimbing II : Salahudin Olii, ST., MT.

 

Pemilu atau pemilihan umum merupakan hak setiap warga yang  negara menganut sistem demokrasi untuk memilih pejabat pemerintahan. Saat pemilihan selesai proses selanjutnya yaitu melihat perolehan hasil rekapitulasi suara.  Pada saat melihat hasil pemilu tersebut beberapa masyarakat terutama lansia mengalami kesulitan untuk melihat hasil pemilu hal ini disebabkan oleh permasalahan tidak bisa membaca atau buta huruf. Tujuan dari penelitian ini yaitu pengembangan Sistem Informasi Geografis pemetaan hasil suara pemilu berbasis web yang terintegrasi dengan Text to Speech. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Metode Waterfall. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dapat memfasilitasi pihak Komisi Pemilihan Umum maupun masyarakat, pihak Komisi Pemilihan Umum dapat memberikan informasi terkait hasil pemilu kepada masyarakat, dan masyarakat dengan adanya Text to Speech, dapat menerima informasi yang diberikan oleh komisi pemilihan umum melalui aplikasi dengan lebih mudah.

 

Keywords : Sistem Informasi Geografis, Pemilihan Umum, Text To Speech.   


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v1i2.10523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology




Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.