Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Di Arcstics Cendekia Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Isna Ansari, Dian Novian, Roviana H Dai

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemasalahan terhadap pelayanan yang ada di lembaga Arcstics Cendekia, dimana pelayanan di lembaga Arcstics Cendekia masih mengadopsi sistem manual sehingga sering menimbulkan beberapa permasalahan seperti penyimpanan data masih menggunakan pembukuan sehingga memungkinkan data hilang atau rusak, CEO kesulitan untuk mengetahui progres kerja konsultan dan kurangnya informasi yang diterima oleh pelanggan terkait  layanan dan waktu pelaksanaan layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi manajemen Arcstics Cendekia berbasis web untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di lembaga Arcstics Cendekia khususnya pelayanan bagi pelanggan agar lebih mudah, cepat dan akurat. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem yakni menggunakan metode waterfall. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan juga wawancara. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi manajemen Arcstics Cendekia berbasis web untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Pelanggan dapat melakukan pemesanan layanan, pembayaran dan menerima layanan secara online. Lembaga dapat melihat data pelanggan, data konsultan dan data transaksi dengan mudah dan cepat.  Hasil dari pengujian yang telah dilakukan menunjukan bahwa sistem yang dibangun sudah memenuhi persyaratan fungsional, artinya sistem yang telah dibangun dapat menghasilkan manajemen informasi yang diharapkan.

 Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Kualitas Pelayanan, Arcstics Cendekia, Waterfall


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Lukman & Munawir. 2018. “Sistem Informasi Manajemen”. Aceh : Penerbit Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh (KITA).

Kotler, Philip. 2000. “Marketing Management Edisi Milenium”. Inc New Jersey: Prentice Hall Intl.

Nugroho, Eko. 2008. “Sistem Informasi Manajemen Konsep, Aplikasi, Dan Perkembangan.” Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Pressman, R. S. 2015. “Software Engineering A Practitioner’s Approach Eighth Edition”. New York : McGraw-Hill Series In Science.

Sukoharsono, Eko Ganis. 2008. “Sistem Informasi Manajemen”. Malang: Surya Pena Gemilang.

Yulianto, E., dan Ginanjar,A. (2019). “Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Diklat Menggunakan Metode Servqual Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi (Studi Kasus: Balai Diklat Metrologi)”. Media jurnal informatika, volume 11, hal 9-11.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i1.12546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology




Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.