Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIKS-NG Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Bone Bolango

Uga Theresia Gobel, Muhammad Rifai Katili, Muchlis Polin

Abstract


Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS- NG) adalah aplikasi manajemen untuk proses perbaikan dan pengusulan data baru Basis Data Terpadu (BDT) yang mana didalamnya juga terdapat modul untuk perbaikan dan pengusulan data Bantuan Sosial Pangan (BSP) non PKH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna SIKS-NG. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS mencakup lima aspek yaitu isi, keakuratan, format, kemudahan dalam penggunaan dan ketepatan waktu. Populasi dalam penelitian ini adalah penguna SIKS-NG yang berada di Kabupaten Bone Bolango. Sampel yang dipilih dari populasi tersebut sebanyak 66 responden. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pengguna secara keseluruhan berdasarkan evaluasi EUCS yaitu aspek content 36% yang berada pada kategori tidak baik menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi SIKS-NG di nyatakan tidak puas, aspek accuracy 36.8% yang berada pada kategori kurang baik, aspek format 54.3% yang berada pada kategori cukup baik, aspek ease of use 52.9% yang berada pada kategori cukup baik, timeliness 36% yang berada pada kategori kurang baik.

Kata kunci:  Kepuasan Pengguna, SIKS-NG, EUCS

Full Text:

PDF

References


Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End User Computing Satisfaction . MIS Quaterly: Vol.12, No.2. 259-274.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1991). Measure of End-User Computing Satisfaction Theoretical Condsideration. International journal of u and e service, sience and technology: Vol.6, No.6. 21-30.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (2004). The Meaning and Measurement of User Satisfaction A Multigroup Invariance Analysis of the End User Computig Satisfaction Instrument. Journal of Management Information Sysytem. Vol.1, No.1. 228-262.

Munthe, N. S. (2019). Tingkat Kepuasan Pengguna OPAC Dengan Metode EUCS di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempana Banda Aceh. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Informasi.

Syahrullah, Ngemba, & Hendra. (2016). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Portal Program Studi Informatika Menggunakan EUCS. Universitas Bina Darma Palembang: Vol.1, No.1. 6-11

Torkzadeh, G., & Doll, W. J. (1991). Test Reliability of End User Computing Satisfaction Instrument. Decision Sciences: Vol.22.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i1.13423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.