EVALUASI PENERIMAAN SISTEM INFORMASI DAPODIK MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA SEKOLAH DASAR KABUPATEN BONE BOLANGO
Abstract
Dapodik merupakan suatu sistem informasi yang dimanfaatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam meningkatkan kinerja. Dapodik menghimpun data manajemen sekolah yang berupa data kelembagaan dan kurikulum sekolah, sarana prasarana, data siswa, data guru dan karyawan. Dalam penerapan Dalam penerapan Dapodik berdasarkan beberapa pernyataan pengguna menemukan sebuah persepsi adanya ketidaknyamanan dalam menggunakan Dapodik dalam menyelesaikan kerja dimana pengguna terkadang harus menginput data secara berulang karena data sebelumnya belum berhasil terinput. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat penerimaan pengguna terhadap Dapodik menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan beberapa variabel asli yaitu persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan persepsi minat pengguna serta menambahkan variabel eksternal yaitu pengalaman dan kerumitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis 1 pengalaman terhadap persepsi kegunaan berpengaruh signifikan, uji hipotesis 2 variabel kerumitan terhadap persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan, uji hipotesis 3 variabel persepsi kemudahan penggunaan terhadap kegunaan berpengaruh signifikan, uji hipotesis 4 variabel persepsi kemudahan penggunaan terhadap persepsi minat pengguna berpengaruh signifikan, dan uji hipotesis 5 variabel persepsi kegunaan terhadap persepsi minat pengguna berpengaruh signifikan dengan nilai tingkat pencapaian responden sebesar 80,9% berada pada kategori sangat diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, A. (2017). Penerimaan Pemustaka Terhadap Institutional Repository Berbasis E-Print di Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Sebuah Pendekatan Integratif Antara Tevhnology Acceptamce Model dan End User Computing Satisfaction.Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Davis, F,D (1985). A Technology Acceptance Model For Empirically Testing New- End User Information System: Theory And Results. Disertasi. Massachusetts Institute of Technology.
Davis, F,D (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. Management Information System Quarterly, 13(3), pp 319-340.
Davis, F,D (1985). A Technology Acceptance Model For Empirically Testing New- End User Information System: Theory And Results. Disertasi. Massachusetts Institute of Technology.
Doll, W, d (1998). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. Management Information System Quarterly.
Iqbal J., Arisman. (2018). Metode Pembelajaran E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (TAM) Untuk Pembelajaran Akuntansi. Desember 2018. Jurnal InFestasi, Vol 14, No.2.
Istiarni, A. (2016). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan Berbabsis Technology Acceptance Model dan End User Computing Satisfaction di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang. Tesis. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Jogiyanto. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Khakim, K, N. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Software Akuntansi MYOB dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.
Laily, H. (2019). Analisis Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Dapodik PAUD-DIKMAS Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS) pada PAUD Kecamatan Clining. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nugraha, E. (2014). Analisis dan Pengukuran Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS) Terhadap Penerimaan Penerapan Sistem Input Nilai Dosen (SINDO). Skripsi. Universitas Komputer Indonesia.
Novelia, E. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi LinkAja Dengan Technology Acceptance Model (TAM) Pada GRAPARI Telkom Group Medan. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.
Panipi, I. (2018). Evaluasi Penerimaan Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan Dasar (DAPODIK) dengan Technology Acceptance Model (TAM) di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i2.15586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nur Ain ismail, Lillyan Hadjaratie, Mohammad Ramdhan Arif Kaluku
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.