Analisis Kesiapan Implementasi Knowledge Management di PT. BANK SULUTGO Cabang Limboto

Isni Ardia H. Arieana, Lillyan Hadjaratie, Rahman Takdir

Abstract


Perusahaan ataupun organisasi yang ingin terus berada pada posisi unggul dan kompetitif, maka harus mampu mengeksploitasi pengetahuan yang ada, sehingga menjadi perusahaan yang maju dan sukses dibandingkan lainnya. KM(Knowledge Management) dirancang khusus untuk strategi dalam mendorong organisasi untuk berinovasi. Namun, penerapan KM pada perusahaan tidak selalu dapat dengan mudah berhasil seperti di harapkan. Salah satu dari alasan kegagalan penerapan KM adalah kurangnya persiapan dan ketidakmampuan organisasi mengidentifikasi kebutuhan implementasi KM.Hal ini terjadi pada BSG limboto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan penerapan KM dan mengetahui kesenjangan yang dialami BSG. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sementara model kesiapan yang digunakan mengacu pada model KM Readiness yang berdasar pada KMCSF (Knowledge Management Critical Success Factors) dan skala Rao untuk menginterpretasi level kesiapan penerapan KM pada organisasi, sehingga diperoleh tujuh aspek penelitian yaitu: Strategy, Organization, Culture, Technology, Motivation, Proses, dan Human Resources. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kesiapan implementasi KM (KM Reasiness) BSG telah berada pada level 3(ready). Hal ini menunjukkan bahwa BSG telah dapat menerima penerapan KM dengan baik dan siap menerapkan KM.


Keywords


Kesiapan KM,Manajemen Pengetahuan,KM enabler

Full Text:

PDF

References


Beccera-Fernandez, I. G. (2004). Knowledge Management-Challenges Solutions and Technologies. New Jersey, USA:Pearson Prentice Hal.

Dalkir, K. . (2013). Knowledge Management in Theory and Practive. United States of America :Elsevier Butterworth-Heirmann.

E., O. (2015). Tingkat Kesiapan Implementasi Knowledge Management Pada Politeknik Negeri Sriwijaya. Masyarakat Telematika dan Informasi , 6, 69-84.

English,Michael J. and William H.Baker. (2006). Winning the Knowledge Transfer Race. New Yourk:The McGraw-Hill Companies,Inc .

Ling, C. (2011). Knowledge Management Acceptance: Success Factors Amongst Small and Medium-Size Enterprises. American Journal of Economicsand Business Administration .

Mohammadi, K., Khanlari, A., & Sohrabi, B. (2009). Organizational Readiness Knowledge Management. International Journal management , 5, 29-45.

Nugroho. (2014). Analisis Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi Knowledge Management Pada Perusahaan PT.XYZ. Karya Akhir,Universitas Indonesia .

Rao, Madanmohan. (2005). Knowledge Management Tools and Technique:practitioners and experts evaluate KM Solutions. Butterworth-Hainemann.

Sekaran.U. (2006). Research Methods for Business. Jakarta:Salemba Empat .

Toloie, A.E, Yusefand, A.A,. (2011). Identifying and Prioritiizing Critical Success Factors (CSFs) in Praticing Knowledge Management in small and Medium Firms using Decision Making Techniques. European Journal Of Ecconomic,Finance and administrative Sciences.

Valmohammadi, C. (2010). Identification and prioritization of critical success factors of knowledge management in Iranian SMEs: An experts'view". African Journal of Business Management .

Yuliazmi. (2005). Penerapan Knowledge Management Pada perusahaan Reasuransi.Studi kasus pada PT.Reasuransi National Indonesia. Tesis Universitas Budi Luhur .




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i1.17815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Isni Ardia Arieana, Lillyan Hadjaratie, Rahman Takdir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.