PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI MANAJEMEN ASET BERBASIS ANDROID DI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Abdurrafi Yahya, Lanto Ningrayati Amali, Indhitya R. Padiku

Abstract


Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ada pada pengelolaan aset pada Universitas Negeri Gorontalo, yaitu dalam proses bisnisnya, UNG memiliki banyak unit yang mengelola aset yang dimiliki tetapi masih dikelola oleh satu unit yaitu bagian perlengkapan, sehingga hal ini menyebabkan penelusuran informasi aset menjadi lebih sulit, serta belum adanya sistem terintegrasi untuk seluruh unit yang mengelola universitas menyebabkan pendataan aset dan pembuatan laporan menjadi lebih sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi manajemen aset berbasis Android. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall yang memiliki 5 tahapan analisis, perancangan, pengkodean, pengujian, pemeliharaan. Hasil penelitian ini diperoleh berupa aplikasi bernama Simastung yang mempermudah pelaksana tugas dalam hal ini admin/operator unit perlengkapan ataupun tiap unit pada UNG dalam menyelesaikan tugas manajemen aset, karena aplikasi ini dapat menyelesaikan beberapa kegiatan dalam siklus alur aset yakni inventarisasi aset, pengoperasian dan pemeliharaan serta penghapusan aset dan juga memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Android seperti kamera untuk mengambil gambar dan untuk memindai QR Code saat ingin mencari data aset.


Keywords


Manajemen;Aset;Sistem Informasi;Android;QR Code

Full Text:

PDF

References


Akbar, R., & Rahman, A. (2020). Pembuatan Aplikasi Web dan Mobile Untuk Sistem Informasi Pengelolaan Aset dengan QR Code (Studi Kasus: PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat). Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 6(3), 129-138.

Akbar, R., & Lukman, A. (2010). Manajemen Taman Milik Pemerintah Kota Bandung Berbasiskan Pendekatan Manajemen Aset. Jurnal Teknik Sipil ITB, 17(3), 171-180.

Ang, A. (2014). Asset management: A systematic approach to factor investing. Oxford: Oxford University Press.

Beizer, B. (1995). Black-box testing: techniques for functional testing of software and systems. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kementrian Keuangan. (2014). Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 78/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemanfaatan Barang Milik Negara. Jakarta.

McCabe, T. J. (1976). A complexity measure. IEEE Transactions on software Engineering, (4), 308-320.


Refbacks



Copyright (c) 2024 Abdurrafi Yahya, Lanto Ningrayati Amali, Indhitya R. Padiku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.