Sistem Informasi Unit Kegiatan Fakultas (UKF) Mapala Alaska Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Berbasis Web

Moh. Ramadhan Podungge, Mohamad Syafri Tuloli, Indhitya R. Padiku

Abstract


Pengolahan data-data organisasi UKF Mapala Alaska masih diolah secara konvensional seperti pengolahan data inventaris, surat menyurat, data anggota serta arsip file laporan pendidikan anggota. Hal ini membuat Mapala alaska seringkali mengalami kehilangan data dan kesulitan mencari data tersebut ketika diperlukan. Dalam membangun sistem ini peneliti menggunakan metode pengembangan sistem prototipe. Rancangan Penelitian merupakan serangkaian prosedur yang menjelaskan tentang metode penelitian yang dilakukan peneliti untuk memberikan gambaran tahapan yang memudahkan dalam melakukan penelitian.Tahapantahpan yang dilakukan pada penelitian ini adalah melakukan komunikasi dengan pihak yang bersangkutan mengenai rumusan masalah serta solusi permasalahan. Setelah melakukan tahapan-tahapan pembangunan sistem website Mapala Alaska dilakukan pengujian sistem dengan menggunakan metode pengujian black box dan white box. Sesuai hasil pengujian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa penelitian ini dapat berjalan dengan efektif serta efisien serta hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga bisa dinyatakan bahwa website ini bisa diimplementasikan pada lokasi penelitian. proses iterasi selesai pada iterasi dua yang menandakan proses sistem yang dibuat telah sesuai dengan permintaan pengguna.

Full Text:

PDF

References


Prihantono, C.R. (2012), fungsi-fungsi manajemen logistik.

Kasengkang, R. A., Nangoy, S., & Sumaraw, J. (2016). Analisis Logistik (STUDI KASUS PADA PT. REMENIA SATORI TEPAS-KOTA MANADO). Berkala Ilmiah Efisiensi, 750-759.

Ridwan, Saputra, M. A., and R. I. PENERAPAN LOGISTIK 4.0 DALAM PENDISTRIBUSIAN BARANG PRODUKSI. Jurnal Politeknik Bumi Akpelni, 161-167.

Sulthoni. (2014). Sistem Informasi E-COMMERCE Pemeasaran Hasil Pertanian Desa Kuluwan Berbasis Web. Teknologi Informasi Dan Komputer, 1-11.

Walters, D. (2003). Logistics, an introduction to supply chain management. Milan: Palgrave Mc.

UKF Mapala Alaska Faukultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. (2023). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga: UKF Mapala Alaska Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i2.25006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Moh. Ramadhan Podungge, Mohamad Syafri Tuloli, Indhitya R. Padiku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.