Analisis Kinerja Sistem dan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi LAPOR Menggunakan Metode PIECES Framework di Dinas Kominfo Kota Gorontalo

Puput Pakaya, Lillyan Hadjaratie, Muchlis Polin, Rampi Yusuf

Abstract


Salah satu teknologi informasi layanan publik yang memanfaatkan media elektronik adalah aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan atau keluhan mengenai pelayanan publik tertentu kepada pihak terkait melalui media elektronik. dalam penerapannya, aplikasi LAPOR menghadapi beberapa permasalahan, terutama terkait dengan fitur bantuan atau panduan penggunaan yang sering mengalami error, menyulitkan pengguna, terutama yang baru menggunakan aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sistem dan tingkat kepuasan pengguna aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat menggunakan Metode PIECES Framework. Metode ini membagi analisis menjadi enam fokus, yaitu Performance, Information, Economy, Control & Security, Efficiency, dan Service. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mendapatkan nilai tertinggi adalah efficiency, dengan nilai rata-rata 4.48, yang dikategorikan sebagai PUAS. Namun, variabel dengan nilai kategori terendah adalah control and security, dengan nilai 3.40, juga dikategorikan sebagai PUAS. Rata-rata total keenam variabel pada metode PIECES adalah 4.24, yang juga dikategorikan sebagai PUAS. Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja sistem aplikasi LAPOR secara umum sudah cukup baik dan pengguna merasa puas, meskipun terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, terutama pada variabel control and security.


Keywords


Analisis, Kinerja Sistem, Kepuasan Pengguna, Aplikasi LAPOR, PIECES

Full Text:

PDF

References


Aryani I.K., & Supratman, E. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang Menggunakan Metode Kano. Bina Darma Conference on Computer Science.

Bianto, V.L., & Sihotang, J.I. 2022. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Microsoft Teams di SMA Advent Dengan PIECES Framework. Cogito Smart Journal, 8(2).

Ilda, Utamajaya, J.N., & Setyaningsih, E. 2022. Evaluasi Layanan Sistem Informasi GO PPU Menggunakan Metode Pieces Framework Pada Disdukcapil Penajam. JURIKOM : Jurnal Riset Komputer, 9(2), 352-358.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i2.25285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Puput Pakaya, Lillyan Hadjaratie, Muchlis Polin, Rampi Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.