Sistem Informasi Presensi Menggunakan Face Recognition dan Administrasi SPP Berbasis Web (Studi Kasus: Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah Bone Bolango)

Athifah Nur, Nikmasari Pakaya, Budiyanto Ahaliki, Lillyan Hadjaratie, Rampi Yusuf

Abstract


Abstrak

 

Salah satu dari lembaga pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi adalah sektor pendidikan. Sistem kehadiran di Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah Bone Bolango masih menggunakan kertas sebagai media pencatatan. Metode ini masih tidak efisien karena kerentanan bahan kertas terhadap kerusakan dan proses yang memakan waktu lama, sehingga mengurangi efisiensi waktu mengajar. Selain itu, pembayaran SPP di pesantren ini masih dicatat secara manual pada kartu pembayaran individu siswa dan kemudian ditulis kembali ke dalam album sumbangan biaya SPP oleh bendahara keuangan pesantren. Hal ini menyebabkan proses pembayaran SPP menjadi lama, resiko kehilangan data, dan kesulitan dalam penyusunan laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi kehadiran dan administrasi biaya SPP untuk mempermudah proses manajemen. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode waterfall dan menjalani pengujian Blackbox dan whitebox. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi kehadiran yang menggabungkan pengenalan wajah dan sistem administrasi biaya SPP berbasis web, yang dapat digunakan oleh administrator dan guru untuk menyederhanakan manajemen data kehadiran dan administrasi di Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah Bone Bolango.

 

 


Keywords


Kata Kunci : Presensi, Deteksi Wajah,Administrasi SPP

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Meiliana. (2016, Desember). Software Testing: Perhitungan Cyclomatic Complexity. Retrieved from BINA NUSANTARA School of Computer Science: https://socs.binus.ac.id/2016/12/29/software-testing-perhitungan-cyclomatic-complexity/

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmad, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 3, 31-36.

Nawawi, M., Irawan, R. H., & Mahdiyah, U. (2023). Sistem Absensi Berbasis Face Recognition di SMA Queen Al-Falah. Jurnal Nusantara Of Engineering, Vo.06 No.02, 151-158.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktis). Andi.

Putra, D. S., & Faujizah, A. (2018). Perancangan Aplikasi Presensi Dosen Realtime Dengan Metode Rapid Application Development (RAD) Menggunakan Fingerprint Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol.03, No.02, 167-171.

Ubbaidillah, & Evayani. (2020). Perancanfan Sistem Informasi Pencatatan Pembayaran SPP pada Pondok Pesantren Modern TGK Chieck Oemar Diyan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntannsi (JIMEKA), Vol. 05, No. 4, 560-570.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika dan Manajemen STIMK. 1-5.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i2.26277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Athifah Nur, Nikmasari Pakaya, Budiyanto Ahaliki, Lillyan Hadjaratie, Rampi Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.