Pengembangan Infrastruktur Digital Desa Edu-Geowisata Oluhuta Menggunakan Mobile App Marketing Berbasis Progresive Web App

Ayub Hamdata, Lanto Ningrayati Amali, Rampi Yusuf

Abstract


Untuk menunjang proses pertukaran informasi yang cepat dan tepat dalam mendukung perkembangan industri pariwisata berbasis edukasi geowisata, diperlukan sarana digital yang dapat mempromosikan dan memasarkan objek wisata secara lebih ikonik. Salah satu teknologi yang digunakan oleh wisatawan Desa Oluhuta adalah Mobile App Marketing “Oluhuta Journey†berbasis progressive web app. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik dan mudah diakses, namun masih memerlukan peningkatan, terutama pada fitur warung digital, snorkeling, dan camping yang belum mendukung transaksi online. Selain itu, informasi edukasi tentang wisata Oluhuta masih terbatas, sehingga perlu dibuat media alternatif untuk meningkatkan jangkauan promosi, terutama mengingat target pasar bukan hanya wisatawan domestik, tetapi juga mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Mobile App Marketing “Oluhuta Journey†sebagai bagian dari pengembangan infrastruktur digital Desa Edu-Geowisata Oluhuta berbasis progressive web apps. Metode yang digunakan adalah metode prototipe, yang memungkinkan penyempurnaan sistem berdasarkan umpan balik pengguna.Diharapkan aplikasi berbasis progressive web app ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat lokal. Selain itu, aplikasi ini mempermudah wisatawan dalam mengakses informasi tentang objek wisata dan layanan yang tersedia. Dengan demikian, pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta meningkatkan tingkat kepuasan pengunjung.


Keywords


Mobile App Marketing Oluhuta Journey; Progressive Web App; Metode Prototype

Full Text:

PDF

References


Bangor, A., Kortum, P., and Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS

Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 4(3), 114-123.

Bashir, H. (2020). Agile software development: A comprehensive guide to the

agile methodology. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-31496-5

Brooke, J. (1996). SUS: A quick and dirty usability scale. In Usability Evaluation

in Industry (pp. 189-194). Taylor and Francis.

David Wood. (2017). 91161-ID-penggunaan-smartphone-dalam-menunjang-ak.

E-Journal “Acta Diurna,†v1(1), 1–15.

Joo, S., Lin, S., & Lu, K.. (2011). A Usability Evaluation Model for Academic Library Websites: Efficiency, Effectiveness and Learnability. Journal of Library and Information Studies, 9(2), 11-26

McCabe, T. J. (1976). A complexity measure. IEEE Transactions on Software Engineering, 2(4), 308-320. https://doi.org/10.1109/TSE.1976.6331397

Mohd. Ehmer and K. Farmeena, “A Comparative Study of White Box , Black Box and Grey Box Testing Techniques,†Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 3, no. 6, pp. 12– 15, 2012.

Kayambo, M. R., Manyoe, I. N., Mohama, R. D. J., & ... (2021). Pembuatan Ruang

Informasi Berbasis Glamping (Glamorous Camping) Literasi Sebagai Infrastruktur Edu-Geowisata Di Desa Oluhuta. Journal of Community,

Pressman, R. S. (2014). Software engineering: A practitioner's approach

(8th ed.). McGraw-Hill.

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi.

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v5i1.27818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ayub Hamdata, Lanto Ningrayati Amali, Rampi Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Â