Repositori Pembelajaran Berbasis Website untuk Mahasiswa Tunarungu Di Universitas Negeri Gorontalo

Octaviary Sahbani Pratama Pomalingo, Nikmasari Pakaya, Ahmad Azhar Kadim

Abstract


Rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa penyandang disabilitas Tunarungu  di Indonesia tidak seharusnya menjadi suatu hal yang mengejutkan. Tidak bijaksana jika kita mengatributkan masalah ini semata-mata kepada kurangnya persiapan dari penyelenggara pendidikan tinggi dalam hal infrastruktur dan finansial. Sebagai sebuah universitas yang telah mendapatkan akreditasi unggul, Universitas Negeri Gorontalo seharusnya menjalankan ketentuan yang tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 46 Tahun 2017 tentang pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus di perguruan tinggi UU No. 8 Tahun 2016 Pasal 24 ayat (1), yang menekankan kewajiban bagi Universitas untuk mengakui hak pendidikan bagi individu penyandang disabilitas dalam penelitian ini di fokuskan ke Tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi pembelajaran berbasis website bagi mahasiswa disabilitas atau berkebutuhan khusus Tunarungu untuk bisa ikut ambil dalam kegiatan pembelajaran di peguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi geografis adalah metode prototype. Hasil dari penelitian ini adalah website sebagai repository pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus Tunarungu yang dapat membantu mahasiswa berkebutuhan khusus untuk dapat terlibat dalam pembelajaran di perguruan tinggi

Keywords


Website Pembelajaran, Mahasiswa Disabilitas, Tunarungu.

Full Text:

PDF

References


Akbar Fauzan, R., Wijiastuti, A., & Yuliati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Dengan Pendekatan Multi Representasi Berbasis Web Bagi Peserta Didik SMPLB Tunarungu . GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(1), 16–30.

Halawa, F., & Saifudin, A. (2023). Pengujian Fungsionalitas Aplikasi Kasir Berbasis Web dengan Metode Blackbox. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 2(06), 1780-1787.

Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi.

Rahma, U., Perwiradara, Y., Ikawikanti, A., Mayasari, B. M., Rinanda, T. D., Brawijaya, U., & Malang, K. (2020). School Wellbeing Analysis Among Visual Impairments, Deaf and Physical Disability Students in College Inclusion. Psikovidya: Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang, 24(1), 16–32.

Riyadi, E. (2021). Pelaksanaan pemenuhan hak atas aksesibilitas pendidikan tinggi bagi penyandang disabilitas di Yogyakarta. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 28(1), 71-93.

Santi, R. C. N. (2016). Perancangan Interaksi Pengguna (User Interaction Design) Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Teknik Informatika, 9(2).Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), 679. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574

Saputra, Y., Irawan, D., & Hamuda, H. (2024). Analisis Blackbox Testing Dalam Pengembangan Aplikasi Disarpus Online Kabupaten Karanganyar. Jurnal Data Sains Dan Teknologi Informasi (Dastis), 1(02), 45-52.

Tejaya, W., Rahman, S., & Munir, A. (2023). Pengujian Website Invitees Menggunakan Metode Load Testing Dengan Apache Jmeter. Kharisma Tech, 18(1), 99-112.

M Thohir Yassin, R., Aziz Bouty, A., & Azhar Kadim, A. (2023). Pengembangan Teknologi Bantu Untuk Pembelajaran Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Aplikasi Mobile. Cices, 9(2), 155–164. https://doi.org/10.33050/cices.v9i2.2698

Khasawneh, M. A. S. (2021). Problems Teaching English to Deaf Students. Indonesian Journal of Creative Counseling, 1(2), 32–42. https://ukinstitute.org/journals/ijcc/article/view/107

Sunardi, Nugroho, R. A., & Budi, H. (2021). Eye Online Learning Media Design. 1–8. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/688/528

Muallifah, M. (2021). Strategi Pendidikan Inklusif: : Konteks E-Learning pada Mahasiswa Difabel Tunarungu dan Tuna Netra. Tarbawi, 10(1), 65–76. https://jurnal.alfithrah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/162




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v5i1.28681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 octaviary Sahbani Pratama Pomalingo, Nikmasari Pakaya, Ahmad Azhar Kadim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Â