PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING PADA PENGENALAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK

I Made Efendy Warmanto, Agus Lahinta, Mohammad Syarif Tuloli

Abstract


Perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat banyak mempengaruhi kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian informasi seperti memberikan informasi letak-letak ruangan yang ada pada gedung. tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pengenalan gedung Fakultas Teknik menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode marker based tracking. Dalam pengembangan media ini menggunakan metode MDLC, serta menggunakan Game Engine Unity dengan Vuforia Sdk. penelitian ini menghasilkan aplikasi media pengenalan gedung Fakultas teknik, teknologi Augmented Reality dapat digunakan dengan baik untuk menampilkan informasi ruangan yang ada di gedung fakultas teknik Universitas Negeri Gorontalo.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v1i2.9772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology




Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.