VALIDITAS PERANGKAT PRAKTIKUM VIRTUAL TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat praktikum virtual terintegrasi model pembelajaran Discovery Learning pada materi Bakteri yang memiliki kriteria valid sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) modifikasi dari Sugiyono (2013). Produk yang dikembangkan adalah Perangkat Praktikum Virtual. R&D terdiri dari 10 langkah, tetapi dalam artikel hanya melaporkan 5 tahap sebagai berikut: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Produk. (6) Uji Coba Produk Penelitian ini menggunakan hanya 5 dari 10 langkah dalam model penelitian dan pengembangan (R & D) karena menyesuaikan dengan tujuan dari penelitian yang akan diuji. Untuk uji validasi dilakukan dengan mengahadirkan para pakar pada bidangnya yang disebut sebagai validator. Dalam penelitian ini menggunakan 4 validator. Hasil penelitian pengembangan perangkat praktikum virtual menggunakan aplikasi Adobe photoshop cs 6, kevalidan perangkat praktikum virtual terintegrasi model pembelajaran Discovery Learning telah berkategori sangat valid dengan persentase kevalidan media 87%, persentase kevalidan materi 98,7%, persentase kevalidan perangkat pembelajaran 98% dan persentase kevalidan praktisi 96% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat praktikum virtual terintegrasi model pembelajaran Discovery Learning pada materi bakteri sangat valid, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v4i1.14561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Feronika Romauli Sidabutar, Ani Mustapa Hasan, Elya Nusantari
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .
<!--