Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Popayato

Yulistiyana Yana Mamusung, Nurfaika Nurfaika Nurfaika, Rakhmat Jaya Lahay

Abstract


Abstrak Kajian geografi di SMA Negeri 1 Popayato dalam pelaksanaannya masih belum memenuhi standar tujuan. Banyak variabel yang mengakibatkan menurunnya prestasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah di SMA Negeri 1 Popayato. Metode yang dilakukan dalam penelititian adalah metode deskriptif kualitatif dengan Pengumpulan data melalui wawancara observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil pengamatan pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Perolehan hasil pengamatan siklus II menunjukkan bahwa 96% dari tindakan yang dilakukan oleh guru telah mencapai kriteria sangat tinggi atau baik sekali sedangkan untuk siswa yaitu 92% dari tindakan yang dilakukan telah mencapai kriteria baik sekali, adapun untuk hasil belajar siswa yaitu 90% atau 19 orang dari 21 jumlah siswa telah mencapai KKTP Penelitian ini telah membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: model pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar


Keywords


Model pembelajaran, Pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. F. (2018) ‘Implementasi Pembelajaran IPS Geografi Berbasis Kontekstual di Madrasah’, IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 2(2). doi: 10.21043/ji.v2i2.4298.

Amin, S. (2017) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi’, JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), pp. 25–36.

Ekasari, E. R. R. and Trisnawati, N. (2020) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), pp. 236–245. doi: 10.26740/jpap.v9n1.p236-245.

Esti Setya Nugraheni, S. Y. (2018) ‘Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Basedlearning Dan Project Based Learning Terhadap Hasilbelajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Gugus Gunandar’, Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(3).

Fakhriyah, F. (2014) ‘Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), pp. 95–101. doi: 10.15294/jpii.v3i1.2906.

Faoziyah, N. (2022) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl’, JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). doi: 10.58258/jupe.v7i2.3555.

Ine Rahayu Purnamaningsih, M. (2021) ‘Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP, 7(1), pp. 1–7. doi: 10.5281/zenodo.6418342.

Julaeha, S. and Erihadiana, M. (2021) ‘Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional’, Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), pp. 133–144. doi: 10.47467/reslaj.v4i2.449.

Lasaiba, M. A. (2018) ‘Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Peserta Didik Kelas Vii-2 Smp Negeri 14 Ambon’, Jendela Pengetahuan, 11(2), pp. 8–21. Available at: https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jp/article/view/6317.

Listyana, K. et al. (2022) ‘Pengembangan lembar kegiatan siswa dengan pendekatan Problem Based Learning materi dinamika planet bumi’, Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1).

MUNAWAROH, S. (2021) ‘Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smpn 3 Banguntapan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning’, TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1), pp. 89–100. doi: 10.51878/teaching.v1i1.87.

Oktaviani, L. and Tari, N. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sd No 5 Jineng Dalem’, Pedagogia, 16(1), p. 10. doi: 10.17509/pdgia.v16i1.10718.

Panjaitan, D. J. (2016) ‘Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika’, E-Jurnal UMNAW (Universitas Muslim Nusantara AlWashliya), 1(1), pp. 1–10.

Sugiarti, S. and Basuki (2014) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(September), pp. 151–158.

Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish

Sumartini, T. S. (2018) ‘Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), pp. 148–158. doi: 10.31980/mosharafa.v5i2.270.

Taufik, I. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar’, IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), pp. 163–174. doi: 10.24256/iqro.v2i2.864.




DOI: https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.