Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Suwawa

Hardayanti S. Makur, Nurfaika Nurfaika, Syahrizal Koem

Abstract


Permasalahan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Suwawa disebabkan oleh pembelajaran belum maksimal karena siswa kurang berpartisipasi dan hanya mengandalkan guru. Hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Suwawa kelas XI-IPS 2 belum mencapai KKM 75 dengan nilai rata-rata hanya 60. Alternatif pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 5E siswa tidak hanya menjadi objek pasif dalam pembelajaran akan tetapi aktif terlibat dalam seluruh proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Suwawa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 SMAN 1 Suwawa. Subyek penelitian yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan yaitu soal test yang berjumlah 5 butir soal dengan indikator kognitif. Untuk mengetahui apakah terjadi kenaikan hasil belajar atau tidak, dilakukan perbandingan hasil belajar siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5e terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Suwawa.

Keywords


Hasil Belajar , Learning Cycle 5e, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.23887/JPMU.V2I1.20792

Aselinda, P., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Smp Kristen Payeti. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7673–7682. https://doi.org/10.47492/JIP.V3I9.2464

Azizah, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.34312/JGEJ.V3I1.13787

Bella Cylindrica, V., Wayan Dasna, I., Artikel Abstrak, I., & Bella Cylindrica Pendidikan Kimia, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-scaffolding pada Materi Laju Reaksi terhadap Pemahaman Konsep Siswa dengan Motivasi Berprestasi Berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(7), 1115–1133. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V6I7.14934

Djonomiarjo. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.37905/AKSARA.5.1.39-46.2019

Faizan, A., & Singingi, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Materi Tatanama SMAN 1 Kuantan Mudik. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 1(2), 302–313. https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/677

Komang, I., Parama Jaya, G., & Kunci, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/EKUITAS.V9I1.28425

Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1660–1668. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I4.630

Nursafitri, M., Santoso, A., Artikel Abstrak, I., & Nursafitri Pendidikan Kimia, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Analogi terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(7), 1076–1081. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V6I7.14928

Pambudi, M. R., & Masruroh, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Kademangan. Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(3), 28–32. https://doi.org/10.28926/PEJ.V2I3.529

Pambudi, Moch. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.47134/AKSIOLOGI.V3I1.119

Prihastoto, R., Haryono, H., & Ashadi, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 110–115. https://doi.org/10.20961/JPKIM.V8I1.22918

Rachmawati, V. P., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 187–194. https://doi.org/10.31764/PAEDAGORIA.V13I2.10530

Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 261–266. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/409

Wati, I., Koeshandayanto, S., Artikel Abstrak, I., & Wati Pendidikan Dasar, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8), 1218–1225. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V6I8.14949

Yuliandini, F., Asih Vivi Yandari, I., Subhan Pamungkas, A., Negeri Unyur, S., Raya Banten No, J., -Serang, U., Serang, K., & Serang Prov Banten, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 133–142. https://doi.org/10.32678/PRIMARY.V11I02.2323




DOI: https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.