Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Suwawa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.23887/JPMU.V2I1.20792
Aselinda, P., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Smp Kristen Payeti. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7673–7682. https://doi.org/10.47492/JIP.V3I9.2464
Azizah, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.34312/JGEJ.V3I1.13787
Bella Cylindrica, V., Wayan Dasna, I., Artikel Abstrak, I., & Bella Cylindrica Pendidikan Kimia, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-scaffolding pada Materi Laju Reaksi terhadap Pemahaman Konsep Siswa dengan Motivasi Berprestasi Berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(7), 1115–1133. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V6I7.14934
Djonomiarjo. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.37905/AKSARA.5.1.39-46.2019
Faizan, A., & Singingi, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Materi Tatanama SMAN 1 Kuantan Mudik. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 1(2), 302–313. https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/677
Komang, I., Parama Jaya, G., & Kunci, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/EKUITAS.V9I1.28425
Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1660–1668. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I4.630
Nursafitri, M., Santoso, A., Artikel Abstrak, I., & Nursafitri Pendidikan Kimia, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Analogi terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(7), 1076–1081. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V6I7.14928
Pambudi, M. R., & Masruroh, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Kademangan. Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(3), 28–32. https://doi.org/10.28926/PEJ.V2I3.529
Pambudi, Moch. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.47134/AKSIOLOGI.V3I1.119
Prihastoto, R., Haryono, H., & Ashadi, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 110–115. https://doi.org/10.20961/JPKIM.V8I1.22918
Rachmawati, V. P., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 187–194. https://doi.org/10.31764/PAEDAGORIA.V13I2.10530
Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 261–266. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/409
Wati, I., Koeshandayanto, S., Artikel Abstrak, I., & Wati Pendidikan Dasar, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8), 1218–1225. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V6I8.14949
Yuliandini, F., Asih Vivi Yandari, I., Subhan Pamungkas, A., Negeri Unyur, S., Raya Banten No, J., -Serang, U., Serang, K., & Serang Prov Banten, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 133–142. https://doi.org/10.32678/PRIMARY.V11I02.2323
DOI: https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.