PENGARUH INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH DENGAN THINK PAIR SHARE TERHADI HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI SMA NEGERI 1 BUNOBOGU
Abstract
ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™= 1,703. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match yang dipadukan dengan Think Pair Share di SMA Negeri 1 Bunobogu.ð‘¡=12,36 nilai ð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘”ℎð‘¡= 0,05 diperoleh nilai ð›¼
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa.
Full Text:
PDFReferences
Kristina Malau (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 2 Pembelajaran 6 Di Kelas Iv Sd Negeri 124397 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023
Andi Andriyansyah (2020) Pengaruh Metode Think Pairs Share Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Di `Smea Taqwa Belitang
Dayu Janua Lestari1 (2017) Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Make A Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa
Apriliyani Diah Kartikasari (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Gaya Mata Pelajaran Fisika Kelas Viii Smp Negeri 7 Blitar
Eliza Nola Dwi Putri 2020, Pengaruh Model Koopertatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.
Ni Putu Diah Rahayu Ningtyas2020, Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips.
Jafri Haryadi Dan Sri Wahyuni Et Al., 2015 Proses Belajar Mengajar Dibutuhkan Media Dan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas Vi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025-6033. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1744
Rahmawati D., S.E. Nugroho., N. M. D. Putra, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp
Astika, Nurlia., Ngurah Ayu Nyoman M. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Artikel. Jurnal Penelitian Fisika. Vol 3, No 2
Febriana, Ayu.2011.Penerapanmodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Siswa Kelas V Sdn Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Artikel. Semarang Jurnal Kependidikan Dasar.Volume 1, Nomor 2
Widya, Pradana . 2013. Peningkatan Hasil Belajar Ips Memalaui Model Make A Mtach Di Kelas Iv Sdn Selokajang 3 Kabupaten Blitar. Artikel. Malang : Universitas Negeri Malang.
Sulianto, J., Purnamasari, V., & Febriarianto, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V (Lima) Materi Organ Tubuh Manusia Dan Hewan. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 124. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i2.18515
Nainggolan, E., Sidabutar, Y. A., & Pasaribu, S. (2022). Pengaruh Metode Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun Di Sekolah Pada Siswa Kelas Ii Upt Sd Negeri 13 Pahang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 7072-7082. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i5.7853
Rambe, J. A., Erika, E., & Purba, N. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(5), 7822-7830. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3615
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Joni Wilson Sitopu (2022). Engaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar
Desi Susanty (2018) Penerapan Model Pembelajaran Round Club Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelad V Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar
Nurul Afifah 2018 Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Dan Think Pair Share (Tps) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Kelas X Semester Ii Smk Negeri Temayang Tahun Ajaran 2017/2018.
Wakijo, 2019pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa.
DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v4i1.23594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 jumimararo tayeb, Sri Maryati, Rusiyah Rusiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.