Analisis Respon Peserta Didik Terhadap Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Web Liveworksheets Pada Mata Pelajaran Geografi

Intan Modanggu, M. Iqbal Liayong Pratama, Masruroh .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan peserta didik terhadap penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis web Liveworksheets dalam pembelajaran Geografi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 26 peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Gorontalo Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis web Liveworksheets memperoleh rata-rata penilaian sebesar 87,1%, yang dikategorikan sangat baik. Aspek kemudahan memperoleh skor 87,4%, motivasi 90%, kemenarikan 81,5%, dan kebermanfaatan 87,7%. Keunggulan utama E-LKPD ini adalah fleksibilitas penggunaannya, desain yang interaktif, dan kemampuannya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi bahwa E-LKPD berbasis web Liveworksheets dapat menjadi solusi inovatif untuk pembelajaran saat ini. dengan potensi untuk terus dikembangkan, dengan memanfaatkan fitur interaktif yang terdapat di web Liveworksheets. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan media pembelajaran digital yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era modern. 

Kata kunci: E-LKPD, Liveworksheets, Geografi



Keywords


E-LKPD, Liveworksheets, Geografi

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173-184.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122-130.

Arifin, M. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Minyak Bumi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.

Hidayat, T., & Sihotang, Z. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi google maps terhadap minat belajar geografi peserta didik di sma negeri kota langsa. Jurnal Samudra Geografi, 4(2), 20-26.

Indriani, S., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respon peserta didik terhadap e-lkpd berbantuan liveworksheets sebagai bahan ajar segitiga dan segiempat. Journal on Teacher Education, 3(2), 315-323.

Istiqomah, E. P. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Lifeworksheet dengan Pendekatan Kontekstual di MTS Nurul Huda (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Khulafiyah, eka, & Leni. (2024). Penggunaan Teknologi Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Kinerja Presentasi Siswa. Jurnal Kependidikan Profesi, 1(1), 172-178.

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) melalui strategi belajar small group work pada materi bangun ruang sisi datar. Numeracy, 8(2), 83-89.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma'mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023).

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1256-1268.




DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v3i2.30026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intan Modanggu, M. Iqbal Liayong Pratama, Masruroh .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.