PENGARUH PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KARAKTERISTIK NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG KELAS XII DI SMA NEGERI 2 WONOSARI
Abstract
Abtrak Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Geografi di kelas XII SMAN 2 Wonosari. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan eksperimen Post-Test-Only Control Group Design. Sampel penelitian meliputi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran melalui model TGT berbasis Quizizz, dan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Pengumpulan data dilakukan melalui tes post-test yang dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan lima indikator, yaitu penjelasan sederhana, dasar pengambilan keputusan, penarikan kesimpulan, penjelasan lanjutan, penggabungan informasi, dan membuat prediksi. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbasis Quizizz lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya.
Kata Kunci: Torunament Team Game, Quizizz, Berpikir Kritis, Geografi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah; Muhammad Danial. (2024). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII (Vol. 6, Issue 2).
Ardiyanti, F., & Nuroso, H. (2018). ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIPA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA.
Aufa, N. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA CARD SORT PADA MATERI MATRIKS DI MAN 1 INOVASI KOTA SUBULUSSALAM. 1(2), 63–69. https://doi.org/10.62335
Erindha, C., Gayuarsita, C., Santo, S., & Lahat, Y. (2023). APPLICATION OF LEARNING BASED ON QUIZIZZ APPLICATION TO IMPROVE THE INDEPENDENCE AND LEARNING ACHIEVEMENT. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 2023.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Nurhidayah, S., Negeri, S., Hulu, S., Kubang, J., No, R., 62, K., Jaya, S., Hulu, K., Hulu, K., & Kampar, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMESTOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. 2018. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Paramitha, A. A., & Zulherman. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Journal of Instructional and Development Researches, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.53621/jider.v2i2.128
Ramadhani, T., Sinta, L., & Gusmaneli, G. (2024). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 2(3), 167–179. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v2i3.3856
Ririn Indah Kusumadewi, & Candra Aeni. (2022). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Oportunitas Unirow Tuban, 03.
Salsabila, U. H., Habiba, S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4.
Selvia, R. A., & Halimah, M. (2018). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah. In All rights reserved (Vol. 5, Issue 2). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Suciono, W. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0.
Sundari, E., Khairuddin, K., & Jumadil, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(4), 242–247. https://doi.org/10.36312/educatoria.v3i4.218
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. In Journal of Science and Social Research (Issue 3). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
Yudha, A. A. G. A. K., Pujawan, I. G. N., & Sugiarta, I. M. (2022). ANALIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GROWTH MINDSET, EFIKASI DIRI, DAN SELF-REGULATED LEARNING: SEBUAH ANALISIS JALUR. 12(2).
DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v4i1.31323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 nur nuni kunye, Daud Yusuf, Moch Rio Pambudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.