Efektivitas Penggunaan Aplikasi Exambro pada Evaluasi Pembelajaran Geografi di Sekolah menengah atas Provinsi Sulawesi Selatan

Marlina Marlina, Muhammad Faisal Juanda

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana  efektifitas aplikasi Exambro dalam evaluasi pembelajaran geografi, sebuah inovasi teknologi yang dirancang untuk ujian berbasis Android di sekolah yang bertujuan meningkatkan efektivitas dan keamanan dalam evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menilai efektivitas penggunaan Exambro, menganalisis pengalaman ujian siswa, serta mengumpulkan umpan balik dari guru dan siswa terkait kemudahan penggunaan dan kualitas soal. Lokasi penelitian dilakukan di tiga sekolah menengah atas di Sulawesi Selatan, dengan fokus pada implementasi aplikasi ini dalam pelaksanaan Ujian Sekolah khususnya pada mata pelajaran geografi. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, observasi lapangan, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Exambro tidak hanya meningkatkan integritas ujian, tetapi juga memberikan fleksibilitas dan kenyamanan bagi siswa dalam mengikuti ujian, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi exambro merupakan alat yang efektif untuk mendukung proses evaluasi pembelajaran di sekolah termaksud dalam pembelajaran geografi.

Keywords


Aplikasi Exambro: Evaluasi Pembelajaran geografi: Ujian Berbasis Android

Full Text:

PDF

References


Abas, K. D., Nurfaika, N., Mohamad, N., & Sutiah, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog (Video Blogging) Pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi Di Kelas X Ips Sma Negeri 1 Tapa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(2), 94-100.

A’la, N. I., Bilqist, P. S. I., Anisa, T. N., & Aini, V. Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar.

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan media pembelajaran game matematika berbasis HOTS dengan metode digital game based learning (DGBL) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885-1896.

Ariyandhi, M. A., Junedi, B., & Fricticarani, A. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Exambro Sebagai Media Untuk Ujian Sekolah Berbasis Android Di Smpn 5 Cilegon. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 1100-1108.

Atmaja, M. R. T., & Wibowo, Y. A. (2023). Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Corona Virus Diesase 19 Di Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Struktur Ruang Dan Kota Di Kabupaten Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Hulukati, M., & Isa, A. H. (2020). Dampak penambangan pasir terhadap kelestarian lingkungan di kelurahan Tumbihe. Jambura Journal of Community Empowerment, 112-121.

Husna, S. U., Sukarno, S., & Yulisetiani, S. (2023). Penggunaan Wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Irsuryani, I., & Mitra, O. (2024). Strategi Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Pengelolaan Ujian Sumatif Menggunakan Aplikasi Exambro. Jurnal Pendidikan Integratif, 5(4).

Jannah, L. N., Tama, Y. D., & Armunanto, H. (2021). Penggunaan Aplikasi Mungexambro sebagai Evaluasi Belajar untuk Pendidikan Karakter Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Inisiasi, 51-58.

Marlina, Musyawarah, R., & Muntazarah, F. (2024). Pengelolaan Ekowisata Potensi Sumber Daya Air Gua Sebagai Laboratorium Alam Pembelajaran Geografi. Edu Geography, 12(1), 68-80.

Rofiq, A. A., Astutik, F. A. F., Mashito, D., & Zuhriyah, I. A. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Exam Browser Dalam Pelaksanaan Pas Berbasis Digital Di Ma Bilingual Kota Batu Malang. Jurnal Al-Murabbi, 8(2), 26-39.

Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina, R. (2022). Analisis Pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di madrasah Ibtidayah Negeri 9 hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 803-818.

Sohilait, D., & Asep, A. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Berdasarkan Metode EKOP di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Ambon. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 539-545.

Solehat, S. M. (2023). Analisis Penggunaan Website E-Learning Madrasah dalam Kegiatan Penilaian pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 12 Jakarta (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakart

Tabbu M. A. S, M. Aliman, A. Mannan, dan M. I. Azhim, (2023). Efektivitas Augmented Reality Geography Games (ARGG) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial pada Siswa Sekolah Menengah Atas. LaGeografia, vol. 22, no. 1, hlm. 64, Okt 2023, doi: 10.35580/lageografia.v22i1.53175.

Tarigan, R. A., Saragih, A., Amalia, J., Santoso, J., Muliyana, A., & Sari, S. M. (2025). Dari Sitoluama untuk Indonesia: Menumbuhkan Generasi Ilmuwan Melalui DMSC 2024. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(2), 82-93.

Panyahuti, P., Ganefri, G., Ambiyar, A., & Suryani, K. (2019). Safe Exam Browser untuk Klien Android pada Ujian Berbasis Web. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 212-226.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetesnsi pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.

Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi pendidikan digital 5.0 melalui integrasi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11-19.




DOI: https://doi.org/10.37905/geojpg.v4i1.32040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Marlina Marlina, Muhammad Faisal Juanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.