EFEKTIFITAS HEALTH EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PERSONAL HYGIENE PADA SISWA

Reni yusnita, Nor Irpansyan

Abstract


Personal hygiene atau kebersihan diri adalah upaya seseorang dalam memelihara kerbersihan dan kesehatan dalam dirinya untuk memperoleh kesehatan fisik maupun psikologis dan bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit pada anak usia sekolah dasar. Personal hygiene yang pada dasarnya harus diperhatikan yaitu personal hygiene yang mencakup beberapa hal seperti, perawatan kulit kepala dan rambut, mata, hidung, telinga, kuku tangan dan kaki, kulit dan perawatan tubuh secara keseluruhan. Tujuandalammelakukanpenelitianiniadalahuntukmengetahui apakah ada pengaruh health education terhadap pengetahuan tentang personal hygiene pada siswa/i SD Lamaholot Rawa Buaya Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pre-post test design. Teknih pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Hasil penelitian uji statistik paired samples t-test didapatkan adanya pengaruh health edycation terhadap pengetahuan tentang personal hygiene pada siswa/i SD Lamaholot Rawa Buaya Jakarta Barat Tahun 2019 diperoleh nilai p value 0,000 secara statistik signifikan lebih besar dari 0,05. Dari Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian health educatin terhadap pengetahuan tentang personal hygiene pada siswa/i SD Lamaholot Rawa Buaya Jakarta Barat.


Keywords


Personal Hygiene; Education; Tumbuh Kembang anak;

Full Text:

PDF

References


Fatmawati TY. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Pada Anak Usia Sekolah di SDN 206/IV Kota Jambi. 2018;7(1):10–6.

Haji J, Sari CP. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audio Visual Terhadap Perilaku Personal Hygiene Anak Kelas IV SDN 2 Jambidan Banguntapan Bantul. 2015;1–11.

Sovia S, Suharti S, Daryono D. Efektifitas Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Hiv/Aids. Jambura J Heal Sci Res [Internet]. 2019;1(2):37–46. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/article/view/2398

Edyati L. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene Siswa SD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulon Progo. 2014;1–20.

Kurniawan A, Putri R, Mahaji, Widiana E. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Kelas IV Sekolah Dasar. 2019;4(1):100–11.

Sulastri. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Dan Perilaku Personal Hygiene Gigi Dan Mulut Anak Usia Sekolah di SD Negeri Payung. 2018;6(1):92–101.

S R. Sanitasi, Hygiene, dan Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3). Bandung: Rekayasa Sains. Solehati; 2015.

Islamudin dkk. Gambaran Perilaku Personal Hygiene yang Berhubungan dengan Infeksi Soil Trasmitted Helminth pada Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. J Kesehat Masy. 2017;5(1).

Solehati dkk. Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan dan Skill Guru Serta Personal Hygiene Siswa SD. Kesmas. 2015;11(1).

Fatmawati E. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bercerita Kontemporer Terhadap Perilaku Personal Hygiene Anak Pra Sekolah Di TK Aba Karang Tengah Nogotirto Yogyakarta. 2015;1–12.

Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rekayasa Sains. Solehati; 2012.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i2.10030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.