PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN TERHADAP PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOKIMIA

Okto Riristina Gultom

Abstract


Biokimia merupakan salah satu mata kuliah yang menurut sebagian besar mahasiswa sulit. Penggunaan metode active learning dipilih dalam pembelajaran biokimia dengan harapan dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari materi pada mata kuliah biokimia dengan optimal. Kebaruan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa jurusan kebidanan terhadap penerapan metode active learning dalam pembelajaran biokimia Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan bagaimana persepsi mahasiswa jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya terhadap penerapan pembelajaran active learning pada mata pelajaran biokimia. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup dengan menggunakan skala likert sebanyak 25 pertanyaan yang diadopsi dari penelitian Adam Santosa (2017) dan Oktavia Situmeang (2012). Angket pertanyaan terbagi menjadi lima indikator yaitu proses pembelajaran active learning, keunggulan, materi penyajian, fasilitator dan fasilitas yang mendukung pembelajaran active learning.  Angket kuesioner menggunakan skala likert. Data yang terkumpul dan masukkan ke dalam tabel untuk menentukan frekuensi kemudian dilakukan skala interval skor persepsi. Persepsi mahasiswa jurusan kebidanan terhadap penerapan metode active learning pada pembelajaran biokimia sebesar 3.24, keunggulan pembelajaran active learning sebesar 3.09, materi penyajian dalam pembelajaran active learning sebesar 3.24, fasilitator terhadap pembelajaran active learning sebesar 3.37, fasilitas yang mendukung pembelajaran active learning sebesar 3.34. Dari hasil penelitian diperoleh hasil akhir persepsi mahasiswa jurusan kebidanan terhadap penerapan metode active learning dalam pembelajaran biokimia adalah persepsi positif.

 


Keywords


Active learning; Biokimia; Jurusan kebidanan; Persepsi mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Gumelar DR, Dinnur SS. Digitalisasi Pendidikan Hukum Dan Prospeknya Pasca Pandemi Covid-19. Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah J Huk Kel dan Peradil Islam. 2020;1(2):111–22.

Porter WW, Graham CR, Spring KA, Welch KR. Blended learning in higher education: Institutional adoption and implementation. Comput Educ. 2014;75:185–95.

Amalia Zul Hilmi SF. Efektivitas Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Makassar. 2021;10(2).

Pondaag M-, Katuuk DA, Rotty VNJ, Lengkong JS., Rawung RKS. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19 Tantangan Atau Peluang? Media Manaj Pendidik. 2021;4(1):160–71.

Selvianti D. Fisika Kesehatan dan Biokimia dalam Praktik Kebidanan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti; 2016.

Isnayni, Mila Yatimatul WH. Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring terhadap Mahasiswa Tadris Biologi dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia. 2020;1(1).

Halmo SM, Sensibaugh CA, Bhatia KS, Howell A, Ferryanto EP, Choe B, et al. Student difficulties during structure–function problem solving. Biochem Mol Biol Educ. 2018;46(5):453–63.

Rahmatan H. Biochemistry Concept Level of Difficulty Profile of Prospective Biology Teachers’ Perception. Proc 6th Annu Int Conf Syiah Kuala Univ (AIC Unsyiah) conjunction with 12th Int Conf Math Stat Its Appl. 2016;363–6.

Aminati F, Ma’rufah N. Pengaruh Emosi Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Matakuliah Biokimia the Influence of Emotion on Student’S Understanding of Biochemistry Courses. Februari. 2019;2019(1):50–63.

Kamza M, Husaini, Ayu IL. Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. J Basicedu [Internet]. 2021;5(5):4120–6. Available from: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347

Zaman B. Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran PAI. 2020;4(1).

Adam Santosa. Persepsi Siswa Dan Guru Terhadap Implementasi Metode Active Learning Dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII Di SMPN 1 Srandakan Bantul. 2017;

Notoatmodjo Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2018.

Muhasim M. Pengaruh Metode Active Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Kreativitas Peserta Didik di Era Globalisasi. Palapa. 2019;7(1):108–30.

Astuti DA, Kurniati N, Sagata AS, Sulisworo D, Aisyiyah U. Penerapan Metode Flipped Classroom Dengan Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Kb Dan Kesehatan Reproduksi : Quasi Eksperimen. Int Semin Lang Educ Cult. 2022;6(1):259–62.




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v7i2.18469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.