HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENGENDALIAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGNUNGGAL KABUPATEN TASIKMALAYA

Dian Saraswaty, Asep Suryana Abdurrahmat, Siti Novianti

Abstract


ABSTRAK

Hipertensi merupakan penyakit kornis yang secara independen berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler.Hipertensi ini merupakan faktor risiko terbanyak penyakit serebrovaskuler seperti stroke.Penelitian ini bertujuan untuk membuat model determinan pengetahuan dan dukungan sosial keluarga dengan perilaku pengendalian hipertensi di Puskesmas Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.Penelitian ini menggunakan desain kross seksional dengan jumlah sampel sebanyak 188 orang yang diambil secara purposif. Analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik kai square pada derajat kepercayaan 95%. Hasil analisis sebanyak 70,4% responden memiliki dukungan sosial keluarga baik, sebanyak 38,3% memiliki pengetahuan baik, 36,2% memiliki kepatuhan minum obat kurang baik dan 16,5% memiliki perilaku pengendalian hipertensi kurang baik. Hasil analisis bivariat diperoleh nilai signifikan bahwa variabel dukungan sosial keluarga dan pengetahuan berhubungan dengan perilaku pengendalian hipertensi dengan masing-masing nilai p 0,013 dan 0,03.


Keywords


Dukungan sosial keluarga, Pengetahuan, Pengendalian hipertensi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Babatsikou F, Zavitsanou A. Epidemiology of hypertension in the elderly. Health Sci J. 2010;4(1):24-30

PERKI. PedomanTataLakasana Hipertensipada PenyakitKardiovaskular. 2015.

Balitbang Kemenkes RI. 2013.Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta.

PUSDATIN. 2015. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Jakarta:Kemenkes,RI. [Online]

Dalyoko, Diah Ayu Pithalokka. Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Upaya Pengendalian Hipertensi pada Lansia di Posyandu Lansia Wilayah KErja Puskesmas Mojongsono Boyolali. 2010 dalam http://eprints.ums.ac.id

Arif D, Rusnoto, Hartinah D. 2013.Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada lansia di pusling desa kumplit upt puskesmas gribig kabupaten kudus.JIKK. 4(2):18– 34.

Hadiyah DN, Setiawan. 2006. Analisis survival faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan hidup penderita hipertensi dengan terapi tablet captopril. [skripsi]. Surabaya: Institut Negeri Sepuluh Nopember.

Dewi TK. 2013. Gambaran pengetahuan warga tentang hipertensi di rw 02

sukarasa kecamatan sukasari. [skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hairunisa, (2014). Hubungan Tingkat Kepatuhan Minum Obat Dan Diet Dengan Tekanan Darah Terkontrol Pada Penderita Hipertensi Lansia Di WilayahKerja Puskesmas Perumnas 1 Kecamatan Pontianak Barat. Skripsi.

Intan Siti Hulaima. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kontrol Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di PUskesmas Kedaton Kota Bandar Lampung. 2017.[Skripsi] dalam http:/www.diglib.unila.ac.id pada tanggal 10 februari 2018

Imran, Ali (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Pengendalian Hipertensi pada Lansia di Puskesmas Pandak Bantul Yogjakarta.[Skripsi]. STIKes Jendral Ahmad Yani. Yogjakarta.

Hapsari, Dea Prastika (2016). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Manajemen Hipertensi : Aktifitas Fisik dan Diet DASH Penderita Hipertensi di Desa Salamrejo Yogyakarta. [Skripsi] diakses dalam http://repository.umy.ac.id pada tanggal 9 September 2018.

Notoatmodjo, Soekidjo (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.35971/gojhes.v2i2.5272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.